Letjen TNI (Purn.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K) . Foto: @KemenkesRI
Letjen TNI (Purn.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K) . Foto: @KemenkesRI

Terawan Sumbang Gaji Pertama untuk JKN

Nasional Kabinet Jokowi-Maruf
Antara • 25 Oktober 2019 13:52
Jakarta: Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto akan menyumbangkan gaji pertamanya sebagai menteri untuk program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Hal itu dalam upaya mengurangi defisit iuran Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.
 
"Gerakan moral untuk membantu defisit ini dengan cara, kalau pribadi saya, saya akan menyerahkan gaji pertama saya sebagai menteri, beserta tukin," kata Terawan usai mengunjungi Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jakarta Pusat, 25 Oktober Jumat seperti dilansir Antara.
 
Mantan Direktur Utama Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) itu merasa tergerak melihat masyarakat yang kesulitan membayar iuran BPJS Kesehatan setiap bulannya. Di sisi lain, pemerintah harus menanggung defisit.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Saya melihat karena ini rakyat yang bermasalah, yang menderita karena persoalan ini, maka saya tergerak hati saya dan juga menggerakkan Kementerian saya untuk berkontribusi, yang mungkin kalau dihitung enggak banyak, tapi ukuran banyak atau tidak itu angka," katanya.
 
Di kesempatan yang sama, Direktur Utama BPJS Kesehatan Fachmi Idris mengapresiasi rencana Terawan menyumbangkan gaji pertamanya sebagai menteri untuk mendukung pengelolaan program JKN.
 
Manajemen BPJS Kesehatan akan menyiapkan regulasi dan mekanisme penyampaian dana sumbangan gaji Terawan itu. Kemudian dikelola agar dapat dipertanggungjawabkan sesuai ketentuan.
 
"Itu kita harus apresiasi, kita menghargai. Itu menurut saya out of the box Jadi jangan dilihat nilainya, lihat niatnya, itu yang harus kita apresiasi,"katanya.
 
Letjen TNI (Purn.) Dr. dr. Terawan Agus Putranto, Sp.Rad (K) resmi menjadi Menteri Kesehatan RI. Usai dilantik, dr. Terawan menyampaikan janjinya untuk mengatasi sejumlah masalah kesehatan yang krusial.
 
Fokusnya, ada dua yang disampaikan dalam kegiatan serah terima jabatan Menteri Kesehatan. Di antaranya, menurunkan angka stunting dan membenahi problem Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif