Pemerintah Dorong Peningkatan Kesejahteraan Lansia

Fauzan Hilal 05 Juli 2018 09:33 WIB
lansiaBerita Kemensos
Pemerintah Dorong Peningkatan Kesejahteraan Lansia
Mensos Idrus Marham menghadiri HLUN di Yogyakarta/Medcom.id/Fauzan Hilal
Yogyakarta: Pemerintah terus mendorong peningkatan kesejahteraan lansia. Kerja sama lintas sektor dari pusat hingga daerah diperlukan untuk mewujudkan itu.

Pemrintah juga berupaya memotivasi individu, keluarga, masyarakat, dan dunia usaha meningkatkan kesejahteraan lansia. Hal tersebut terungkap pada Puncak Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang berlangsung di Detasemen Pertahanan Udara (Denhanud) 474 Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta, Kamis, 5 Juli 2018.

Peringatan HLUN 2018 bertujuan melembagakan nilai-nilai sosial masyarakat, meningkatkan kesadaran lanjut usia, generasi penerus, keluarga, dan masyarakat tentang pentingnya berbangsa dan bernegara.


Baca: Mensos Serahkan Draf Revisi UU Lansia

Sebagai penduduk senior, lansia memiliki kebijakan, kearifan, serta pengalaman berharga yang dapat dijadikan teladan bagi generasi penerus. Itu penting dalam menentukan arah kehidupan pembangunan nasional di masa mendatang.

Menteri Sosial Idrus Marham mengatakan lansia memiliki peran sebagai penyangga pembangunan. Ia menegaskan lansia bukan beban pembangunan.

"Penting bagi kita untuk menyadari bahwa kita pasti akan tua, sehingga perlu berupaya menghadirkan dunia yang layak bagi semua lansia. Dengan kematangan pola hidup dan pikirnya para lansia merupakan penjaga nilai yang menjadi tuntunan hidup antar generasi," kata politikus Golkar itu.

Baca: Kemensos Tekankan Pentingnya Peran Lansia

Di bagian puncak acara HLUN ini Kementerian Sosial juga memberikan penghargaan dengan kategori perseorangan pimpinan daerah, perseorangan masyarakat, lembaga kesejahteraan sosial, kelompok, dan keluarga.



(OJE)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id