Terduga Teroris Riau Sempat Pantau Insiden Mako Brimob

Ilham wibowo 16 Mei 2018 17:39 WIB
terorisme
Terduga Teroris Riau Sempat Pantau Insiden Mako Brimob
Teror. Ilustrasi: Medcom.id/Mohammad Rizal.
Jakarta: Empat orang terduga teroris penyerang Mapolda Riau diketahui sempat memantau insiden kerusuhan di Rutan cabang Salemba Mako Brimob, Kelapa Dua Depok, Jawa Barat, pada 8-10 Mei 2018. Mereka kemudian menjadi target Densus 88 Antiteror Polri. 

Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Setyo Wasisto mengatakan empat orang tersebut mengubah terget serangan lantaran Mako Brimob Kelapa Dua sudah tertangani.  Mereka memutuskan pulang ke wilayah asal untuk menyerang Mapolda Riau. 

"Ada dua orang dari Sumatra Selatan (Sumsel) dan empat dari Riau, mereka sudah datang ke Mako Brimob (Kelapa Dua) karena sudah kondusif mereka pulang. Dua yang pulang ke Sumsel sudah ditangkap," kata Setyo di Gedung Mabes Polri, Jakarta, Rabu, 16 Mei 2018. 


Menurut dia, keempat terduga teroris mengenal narapidana teroris (napiter), Beny Syamsu Trisno. Benny adalah napiter yang tewas saat insiden kerusuhan di Mako Brimob Kelapa Dua. 

"Kalau (apakah mereka) anak buahnya (Beny), saya enggak bisa pastikan tapi ini ada kaitannya sama Benny," papar Setyo. 

Baca: Jokowi: Indonesia Aman

Empat terduga teroris yang menyerang Mapolda Riau itu diketahui mengatasnamakan kelompok jaringan teroris Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Keempatnya tewas setelah menyerang polisi menggunakan senjata tajam. 

"Nah ini empat orang ke Pekanbaru melakukan penyerangan ke Mapolda Riau dan kita patahkan," ungkap Setyo. 

Proses identifikasi telah dilakukan. Identitas tiga terduga teroris adalah Mursalim alias Ical alias Pak Ngah, 42, tidak bekerja, alamat Jalan Raya Dumai, Kota Dumai; Suwardi, 28, alamat Jalan Raya Lubuk Gaung Kota Dumai; dan Adi Sufiyan, 26, wiraswasta, alamat Jalan Pendowo, Kota Dumai.

"Mohon maaf (satu orang) belum teridentifikasi. Saya baru terima informasi jam 14.55 WIB," kata Setyo.





(OGI)

metro tv
  • Opsi Opsi
  • kick andy Kick Andy
  • economic challenges Economic Challenges
  • 360 360