Kecelakaan Lion Air JT610

KNKT Fokus Cari Rekaman Suara di Kokpit

Fachri Audhia Hafiez 05 November 2018 14:53 WIB
Lion Air Jatuh
KNKT Fokus Cari Rekaman Suara di Kokpit
Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) Soerjanto Tjahjono. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Jakarta: Ketua Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) fokus mencari bagian dari black box berupa cockpit voice recorder (CVR) atau rekaman suara di kokpit pesawat Lion Air PK-LQP. Pencarian akan terus dilakukan meski Badan SAR Nasional (Basarnas) menghentikan pencarian korban.
 
"Meskipun nanti Basarnas berhenti, kami tetap cari CVR. Karena yang paling penting adalah yang cari CVR," kata Ketua KNKT Soerjanto Tjahjono usai menemui keluarga korban di Hotel Ibis, Cawang, Jakarta Timur, Senin, 5 November 2018.
 
Pihaknya akan bekerja maksimal untuk menemukan bagian lain dari black box pesawat Lion Air PK-LQP itu. Sebelumnya, tim SAR gabungan telah menemukan bagian black box lain yakni Flight Data Recorder (FDR).
 
"Jadi data black box yang FDR sudah kami unduh dan sudah berhasil, datanya bagus. Saat ini sedang kami verifikasi," ujar Soerjanto.

Baca: Usut Manajemen Lion Air

Sebelumnya, Kepala Pusat Hidrografi dan Oseanografi TNI Angkatan laut (Kapushidrosal) Laksamana Muda TNI Harjo Susmoro menyatakan pencarian CVR masih satu area dengan penemuan FDR.
 
Harjo menjelaskan jika CVR ditemukan, kondisi kokpit sebelum pesawat jatuh akan diketahui. Dia akan memaksimalkan kekuatan yang dimiliki TNI. "Memang agak sulit CVR itu. Saya coba optimalkan, karena itu kuncinya di situ," ucap Harjo.
 
Basarnas telah menambah masa evakuasi. Sebelumnya tahap awal selama tujuh hari, kini ditambah tiga hari menjadi 10 hari.






(FZN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id