Anies Berpeluang Diperiksa soal Kasus Ratna
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di kantor BPK DKI. Foto: Medcom.id/Nur Azizah.
Jakarta: Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berpeluang diperiksa polisi. Anies dapat dimintai keterangan dalam kasus kebohongan Ratna Sarumpaet, eks juru kampanye nasional Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019.

"Kita tunggu saja nanti seperti apa pengembangannya (pemanggilan Anies)," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Raden Prabowo Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Jumat, 12 Oktober 2018.

Kepolisian telah memeriksa pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan DKI Jakarta, Asiantoro. Asiantoro mewakili Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sebagai pemberi sponsor kepada Ratna Sarumpaet untuk pergi ke Chile.


Menurut dia, pemanggilan terhadap Anies bisa dilakukan apabila penyidik membutuhkan keterangannya dalam kasus Ratna. Namun, untuk saat ini, kepolisian hanya berkonsentrasi kepada pemeriksaan Ratna Sarumpaet.

"Sementara itu saja (Asiantoro) yang dipanggil. Kita fokuskan ibu RS dulu," tutur Argo.

Asiantoro diperiksa bersamaan dengan pemeriksaan Ketua Dewan Kehormatan Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais, Rabu, 10 Oktober 2018. ‎Asiantoro diperiksa sebagai saksi untuk Ratna.

Baca: Saksi Ratna Sarumpaet Berpotensi jadi Tersangka

Dia dicecar soal Pemprov DKI Jakarta yang menjadi sponsor Ratna ke Chile. Kepolisian juga menanyakan dari mana Pemprov DKI Jakarta tahu kalau ada acara ‎Women Playwrights International Conference 2018 (WPIC) Chile 2018.

"Ya, intinya kita tanyakan soal itu berkaitan sponsor Ratna ke Chile. Kronologinya seperti apa. Saksi juga ditanya mengetahui acara itu dari mana," sebut Argo.

Selain Asiantoro, ada saksi lain yang telah diperiksa oleh penyidik Direktorat Kriminal Umum Polda Metro Jaya. Mereka adalah Dokter RSK Bina Estetika Sidik Setiamihardja dan Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal.





(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id