Jokowi Cek Harga Bahan Pokok di Lamongan
Presiden Joko Widodo blusukan ke Pasar Tradisional Sidoharjo Lamongan, Jawa Timur - Medcom.id/Achmad Zulfikar Fazli.
Lamongan: Presiden Joko Widodo blusukan ke Pasar Tradisional Sidoharjo Lamongan, Jawa Timur. Dia ingin memastikan harga bahan pokok stabil. 

"Biasa, kalau ke pasar itu yang paling penting ngecek harga-harga," kata Jokowi di Pasar Tradisional Sidoharjo, Lamongan, Jawa Timur, Senin, 19 November 2018.

Jokowi menyebut sejumlah bahan pokok mengalami penurunan harga. Salah satunya cabai. 


Saat berkunjung ke pasar di Bogor, Jawa Barat, harga cabai mencapai Rp30 ribu per kilogram. Kini, harga cabai hanya Rp17 ribu per kilogram.

"Tadi yang turun cabai, dari di atas Rp30 ribu menjadi Rp17 ribu. Beras naik sedikit, sedikit banget," ujar dia.

Jokowi juga memborong sejumlah bahan pokok antara lain cabai, bawang merah, kacang tanah, serta, sawo. Sedangkan, Ibu Negara Iriana Jokowi membeli pepaya dan telur asin.

Dia menegaskan harga bahan pokok di Jawa Timur stabil. Hal itu garis lurus dengan tingkat inflasi yang rendah yakni 1,78 persen.

(Baca juga: Jokowi' Sarapan' Harga Bahan Pokok Saban Pagi)

Eks Gubernur DKI Jakarta itu meminta para pihak yang menyebut adanya lonjakan harga untuk turun langsung ke lapangan. Melihat langsung harga bahan pokok.

"Inflasinya di Jawa Timur 1,78, gimana mau naik? Stabilitas harga bisa dijaga di Jawa Timur ini. Secara nasional juga di bawah 3,50, inflasi. Artinya harga-harga itu terkendali. Angkanya dari situ. Jangan diambil misalnya harga satu barang yang pas naik. Ada yang turun ada yang naik itu biasa," beber dia.

Dia menilai penurunan harga juga jangan sampai drastis. Artinya harus ada keseimbangan harga agar petani maupun masyarakat tak dirugikan.

Kalau harga terlalu rendah, itu akan berdampak pada pendapatan petani. Sedangkan, bila harga terlalu tinggi masyarakat yang terdampak. 

"Inilah keseimbangan yang harus kita jaga supaya supply dan demand itu pada posisi yang baik, yang stabil, sehingga harganya tidak terlalu melonjak naik tapi juga tidak jatuh turun," pungkas dia.

(Baca juga: Strategi Kemendag Tekan Harga Sembako Jelang Natal dan Tahun Baru)
 



(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id