Sibarani sofian, Urban Planner IKN. Foto: Dok/Metro TV
Sibarani sofian, Urban Planner IKN. Foto: Dok/Metro TV

Filosofi Desain "Nagara Rimba Nusa" IKN Nusantara

MetroTV • 23 Maret 2022 17:24
Jakarta: Ibu Kota Nusantara (IKN) sudah memiliki konsep besar yang diperoleh dari pemenang sayembara beberapa tahun lalu, yakni Nagara Rimba Nusa. Konsep yang menawarkan desain tata kota modern, pembangunan manusia, dan kelestarian alam ini merupakan karya Tim Urban+ yang digawangi oleh arsitek Sibarani Sofian.
 
"Di tahun 2019 kemarin, kami memenangkan sayembara bersama dengan PUPR dan Nagara Rimba Nusa ini filosofinya adalah membawa kearifan lokal kita terhadap alam di Indonesia yang khas,” ujar Urban Planner IKN Sibarani Sofian dalam program Selamat Pagi Indonesia, Rabu, 23 Maret 2022.
 
Selanjutnya menurut Sofian, konsep desain Nagara Rimba Nusa adalah suatu konsep perkotaan modern yang tetap hormat terhadap alam demi mencapai keselarasan antara manusia dengan alam. Oleh karenanya, hutan akan dibangun terlebih dahulu di IKN.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Salah satu yang kita lakukan adalah membawa pohon-pohon endemik. Kita juga memperhatikan aspek lingkungan dengan sangat baik, kita tidak banyak merubah kontur alam, untuk itu kita benar-benar bersandingan dengan alam,” kata urban planner IKN itu.
 
Kendati demikian, Nagara Rimba Nusa tetap membawa transformasi untuk menjadi sebuah kota yang ideal. Hal tersebut sesuai dengan harapan yang disampaikan oleh Presiden RI Joko Widodo.
 
Selain itu, Nagara Rimba Nusa juga menjadi bentuk representasi nasionalisme masyarakat Indonesia. Suatu pembuktian dari jati diri serta kebangsaan Indonesia. “Makanya di dalam Nagara Rimba Nusa ini kita juga membawa konsep kebangsaan Indonesia dalam bentuk sumbu kebangsaan,” tambah Sofian.
 
Desain ini nantinya akan dikolaborasikan dengan dua desain lainnya dari pemenang kedua dan ketiga sayembara dan kembali disesuaikan dengan kondisi lapangan. (Fatha Annisa)
 
(MBM)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif