Ilustrasi/Antara/Arif Firmansyah.
Ilustrasi/Antara/Arif Firmansyah.

Tol Digratiskan Jika Antrean Arus Balik Mencapai 1 Kilometer

Nasional libur panjang Cuti Bersama
Zaenal Arifin • 31 Oktober 2020 13:25
Jakarta: Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya, menyiapkan beberapa skenario mengurai volume kendaraan arus balik libur panjang. Pertama menggratiskan biaya tol ketika volume kendaraan membeludak.
 
"Jika antreannya mencapai 1 kilometer kita akan berkoordinasi supaya tidak ada pembayaran tol yang penting masyarakat bisa kembali ke rumah masing-masing dalam keadaan aman, dan lancar, dan tentunya sehat," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo kepada wartawan, di Jakarta, Sabtu, 31 Oktober 2020.
 
Sambodo menyebut pihaknya telah berkoordinasi dengan pengelola jalan tol. Selain pembebasan biaya, kepadatan lalu lintas disiasati dengan penambahan mobil patroli.Penguraian antrean dengan mobil patroli disebut efektif.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pihaknyajuga berkoordinasi dengan jajaran mengantisipasi arus dari arah Selatan. Polda Jawa Barat diminta melakukan langkah antisipatif.
 
Baca:Puncak Arus Balik Libur Panjang Dimulai Hari Ini
 
"Kami akan berjaga dan berkoordinasi dengan Polda Jawa Barat untuk memantau peningkatan jumlah arus yang masuk Gerbang Tol Cikampek Utama dan Gerbang Tol Kalihurip Utama," kata Sambodo.
 
Selain itu, ada dua skenario lain, pertama yakni contra flow. Jika hal tersebut tak efektif, pihaknya menyiapkan skenario tambahan mengurai arus balik cuti bersama.
 
"Kalau itu tidak bisa juga kita laksanakan sistem one way," kata dia.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif