Ilustrasi pinjol ilegal yang meresahkan masyarakat/Medcom.id/M Rizal
Ilustrasi pinjol ilegal yang meresahkan masyarakat/Medcom.id/M Rizal

Masyarakat Dukung Langkah Jokowi Moratorium Izin Pinjol

Nasional Pinjaman Online Pinjol ilegal Pinjaman Online Ilegal Pinjol Ilegal yang Sudah Diblokir Moratorium Izin Pinjol Baru
M Sholahadhin Azhar • 16 Oktober 2021 17:55
Jakarta: Langkah pemerintah memoratorium izin pinjaman online (pinjol) menuai dukungan. Sebab, moratorium bakal mengurangi risiko masyarakat yang menjadi korban pinjol. 
 
Dukungan itu diutarakan masyarakat melalui Twitter dengan tanda pagar (tagar) #JokowiStopPinjolBaru. Tagar tersebut diucitkan belasan ribu warganet dan menjadi trending topic di Twitter siang ini, 16 Oktober 2021.
 
Baca: Kemenkominfo-OJK Moratorium Izin Pinjol Baru

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Teror2 ke masyarakat kecil oleh pinjol online memang saatnya dihentikan, pinjol online legal ditata lg regulasinya oleh @ojkindonesia, pinjol ilegal dibabat habis oleh @kemkominfo dan ojk. Sdh saatnya #JokowiStopPinjolBaru,” tulis akun @ABSetyono.
 
Masyarakat juga mendukung Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate yang melakukan moratorium ijin pinjol, menindaklanjuti instruksi Presiden Joko Widodo (Jokowi). Sebab, mesti ada langkah tegas mencegah masyarakat jadi korban pinjol.
 
“Menkominfo mengatakan, sesuai dengan perintah dari Presiden Jokowi pihaknya diminta untuk membersihkan ruang digital dari financial technology (fintech) atau pinjaman online (pinjol) ilegal,” cuit akun Twitter @seruanhl.
 
Di sisi lain, netizen juga mengapresiasi kepolisian yang bergerak cepat dan menertibkan pinjol ilegal. Sehingga, menciptakan efek jera bagi pelaku.
 
“Jangankan yang pinjam, wong tagihan dan caranya sudah tidak benar. Mau ada instruksi tau ngga, saya setuju Polri bertindak dan mendukung langkah tegas penertiban ini,” cuit akun Twitter @Leonita_Lestari.
 
Pegiat media sosial Denny Siregar menyebut langkah moratoirum sudah tepat. Sebab, pinjol dinilai lebih berbahaya dari rentenir.
 
“Nah, perintah Jokowi stop pinjol baru ini tepat banget. Itu pinjol2 lebih gila dr rentenir bunganya.. bukan nyekek lagi, tapi main tikam,” tulis Denny di akun Twitter-nya @Dennysiregar7.
 
Menkominfo Johnny G Plate dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) melaksanakan arahan Presiden Jokowi untuk memoratorium izin pinjol. 
 
"OJK akan melakukan moratorium untuk penerbitan izin fintech (financial technology) atas pinjol legal yang baru," kata Menteri Kominfo Johnny G Plate di Istana Negara, Jakarta Pusat, Jumat, 15 Oktober 2021.
 
Johnny mengatakan Kominfo juga memoratorium penerbitan penyelenggara sistem elektronik untuk pinjol baru. Upaya itu guna menambah pinjol legal yang terdaftar di OJK sebanyak 107 sampai saat ini.

 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif