NEWSTICKER
Petugas menunjukkan obat chloroquine yang diserahkan kepada RSPI Sulianti Saroso di Jakarta, Sabtu, 21 Maret 2020. Foto: Antara/Aditya Pradana Putra
Petugas menunjukkan obat chloroquine yang diserahkan kepada RSPI Sulianti Saroso di Jakarta, Sabtu, 21 Maret 2020. Foto: Antara/Aditya Pradana Putra

Tiga Juta Chloroquine Disiapkan

Nasional Virus Korona
Nur Azizah • 23 Maret 2020 10:54
Jakarta: Pemerintah menyiapkan tiga juta chloroquine untuk pasien virus korona (covid-19). Obat antimalaria itu dipakai di sejumlah negara terjangkit covid-19, termasuk di Tiongkok.
 
"Untuk pasien covid-19 yang ada di rumah sakit, jika dianggap dokter yang merawatnya ini cocok untuk pasien tersebut pasti akan diberikan," kata Jokowi di Wisma Atlet, Jakarta Pusat, Senin, 23 Maret 2020.
 
Mantan Gubernur DKI Jakarta itu menyebut chloroquine diproduksi di dalam negeri. Ia menunjuk Kimia Farma untuk memproduksi obat antimalaria itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini bukan obat first line, tapi second line karena memang obat covid-19 belum ada dan juga belum ada antivirusnya," ujar Kepala Negara.
 
Ia yakin chloroquine dapat membantu penyembuhan pasien korona. Namun, penggunaan chloroquine tak bisa sembarang. Pasien harus berkonsultasi dengan dokter.
 
Tiga Juta Chloroquine Disiapkan
Grafis Medcom.id
 
Baca: Obat Chloroquine Tak Bisa Dikonsumsi Tanpa Resep Dokter
 
Selain chloroquine, pemerintah akan membagikan obat antiinfluenza, avigan, untuk pasien korona. Obat favipiravir ini dikembangkan Fujifilm Toyama Chemical, Jepang.
 
Hingga saat ini, baru ada 5.000 avigan yang tersedia. Pemerintah tengah memesan dua juta avigan untuk memenuhi kebutuhan pasien covid-19.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif