Gandeng Bawaslu, UAI Adakan Seminar Pilkada

Pelangi Karismakristi 17 April 2018 17:38 WIB
beasiswa osc
Gandeng Bawaslu, UAI Adakan Seminar Pilkada
Seminar Pemilihan Zaman Now: Mencari Pemimpin Berintegeritas Tanpa Politik Uang. Foto: Dok. UAI
Jakarta: Universitas Al Azhar Indonesia (UAI) menandatangani kesepakatan kerja sama (MoU) dengan Bawaslu. Kerja sama tersebut ditandai dengan diadakannya Seminar Pemilihan Zaman Now: Mencari Pemimpin Berintegeritas Tanpa Politik Uang,di Auditorium Arifin Panirogo, UAI, Jakarta.

Acara tersebut dilatarbelakangi pelaksanaan pesta demokrasi atau Pilkada Serentak 2018. Tentu saja ini menarik perhatian banyak pihak, termasuk politikus maupun berbagai lapisan masyarakat yang menantikan lahirnya pemimpin berintegeritas.

Sementara itu generasi muda juga bagian dari 'zaman now' yang perlu mendapat edukasi seputar pemilihan umum (pemilu). Sebab, anak muda merupakan pembawa perubahan, memiliki pola pikir kritis dan visioner terhadap berbagai hal dan dirasa perlu terlibat dalam pengawasan partisipatif.


Dengan kiprah generasi milenial dalam pengawasan pemilu, paling tidak mereka berani menjadi pejuang demokrasi dengan mencegah pelanggaran sekaligus berani menolak aksi politik uang. 

Seminar ini juga membekali para pemuda atas penyelenggaraan pilkada yang jujur, rahasia dan adil, dengan mengutamakan etika serta hukum sebagai landasan pengelolaannya. Para pemuda ini perlu mendapatkan pengarahan tersebut, karena mengingat mereka memiliki hak untuk memilih dan jumlahnya sangat potensial.

Seperti diketahui, Indonesia akan melaksanakan Pilkada Serentak 2018. Sedikitnya ada 171 daerah, terdiri dari 17 provinsi,  39 kota dan 115 kabupaten yang sedang mempersiapkan pemilihan umum legislatif dan eksekutif 2019.



(ROS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id