Kepala BNPB Letnan Jenderal Doni Monardo. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam
Kepala BNPB Letnan Jenderal Doni Monardo. Foto: Medcom.id/Candra Yuri Nuralam

BNPB Gandeng UNDRR Kelola Risiko Bencana

Nasional bencana
Candra Yuri Nuralam • 29 Mei 2019 12:05
Jakarta: Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) bekerja sama dengan UN Office for Disaster Risk Reduction (UNDRR) menggelar lokakarya pengurangan risiko bencana dan sistem peringatan dini di Indonesia. BNPB dan UNDRR membahas aspek tata ruang, lingkungan, dan infrastruktur yang berlandaskan pengurangan risiko bencana.
 
"Kita harus memahami bahwa tiap daerah memiliki karakteristik yang berbeda dan kita harus mendorong masyarakat agar bisa mencegah sesuai dengan kearifan lokal," kata Kepala BNPB Letnan Jenderal Doni Monardo saat membuka acara di Gedung Graha BNPB, Rawamangun, Jakarta Timur, Rabu, 29 Mei 2019.
 
Doni mengatakan saat ini Indonesia sedang mengalami permasalahan dengan kerusakan ekosistem yang menyebabkan peningkatan bencana. Menurut data BNPB, bencana yang terjadi akibat kerusakan ekosistem dalam tiga bulan terakhir lebih banyak dibanding dengan 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Untuk itu, peningkatan aspek lingkungan hidup yang berbasis ekosistem jadi bagian penting dalam upaya mengurangi risiko bencana. Melalui kerja sama dengan UNDRR, dia berharap Indonesia lebih siap dalam menghadapi bencana.
 
"Ekosistem yang rusak dapat menyebabkan bencana. Indonesia dalam kurun waktu empat bulan terakhir dibandingkan empat bulan tahun yang lalu, mengalami peningkatan tiga kali lipat terutama angin puting beliung, banjir, dan tanah longsor dalam periode empat bulan terakhir antara bulan Januari sampe 30 April," tutur Doni.
 
Kerja sama antara BNPB dengan UNDRR ini merupakan arahan Presiden Joko Widodo. Jokowi, kata Doni, meminta BNPB untuk mengoordinasikan perencanaan dan penyelenggaraan multi-hazard early warning system serya penyusunannya dengan lembaga terkait.
 
"Sistem tersebut diharapkan dapat memenuhi standar internasional dengan penuh proses pengelolaan yang tepat," ujar Doni.
 
Baca: BPBD DKI Imbau Warga Tanam Pohon Antisipasi Pergerakan Tanah
 
Dalam pertemuan ini, kepala BNPB akan menandatangani deklarasi bersama kerja sama dalam pengelolaan risiko bencana dengan Utusan Khusus Sekretaris Jenderal PBB untuk Pengurangan Risiko Bencana Mami Mizutori. Kedua pihak sepakat untuk membangun kerja sama yang lebih erat dalam bidang pengelolaan risiko bencana.
 
Kedua pihak berupaya bersama untuk meningkatkan kapasitas dalam membangun strategi di tingkat nasional dan lokal. BNPB dan UNDRR juga akan mendorong penelitian, peningkatan ilmu pengetahuan, dan penerapan teknologi. Selain itu, kedua pihak akan mempromosikan kerja sama di tingkat regional dan internasional dalam pengelolaan risiko bencana.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif