Menteri LHK Siti Nurbaya menjelaskan cara Indonesia mengurangi kebakaran hutan kepada Sekjen ASEAN di Intelligence Center. Foto: KLHK
Menteri LHK Siti Nurbaya menjelaskan cara Indonesia mengurangi kebakaran hutan kepada Sekjen ASEAN di Intelligence Center. Foto: KLHK

Sanksi Tegas Efektif Pangkas Tingkat Kebakaran Hutan

Nasional kebakaran hutan
Sri Utami • 02 Mei 2019 19:52
Jakarta: Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan sanksi tegas yang diterapkan kementeriannya efektif menurunkan tingkat kebakaran hutan. Sejumlah perusahaan yang diberi sanksi akhirnya jera melakukan pelanggaran serupa.
 
"Alhasil, hotspot (titik panas) di wilayah konsesi perusahaan berkurang drastis," kata Siti, Kamis, 2 Mei 2019.
 
Hal yang sama juga terjadi saat Kementerian LHK (KLHK) menerapkan sanksi tegas kepada para pembalak liar di Papua dan Papua Barat. Hasilnya, lanjut Siti, saat ini pengiriman kayu ilegal asal kedua provinsi itu berkurang drastis.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Cara-cara penegakan hukum yang dilakukan KLHK itu dipresentasikan Siti saat menerima kunjungan Sekretaris Jenderal (Sekjen) ASEAN HE Dato Lim Jock Hoi beserta 11 perwakilan tetap negara ASEAN. Mereka berkunjung ke Pusat Inteligensi atau Intelligence Center KLHK untuk mendalami kebijakan di bidang pengendalian kebakaran hutan.
 
Direktur Jenderal Penegakan Hukum KLHK, Rasio Ridho Sani, mengatakan penegakan hukum yang tegas merupakan efek kejut bagi pelaku kejahatan. Tujuannya, kata dia, agar lingkungan hidup tetap lestari.
 
"Penegakan hukum merupakan upaya terakhir kami untuk melakukan perlindungan, pembinaan, sekaligus sosialisasi," kata Rasio.
 
Rasio menjelaskan biodiversitas atau keanekaragaman hayati merupakan keunggulan negara-negara ASEAN. Menurutnya, hal ini harus dijaga dari berbagai kerusakan dan degradasi.
 
Baca: Kebakaran Hutan Lebih Merugikan Dibanding Tsunami
 
Perwakilan tetap Myanmar untuk ASEAN, Min Lwin, mengapresiasi upaya pemerintah Indonesia mengendalikan kebakaran hutan dan lahan. Sejak tinggal di Indonesia pada 2012, Min Lwin mengaku merasakan dampak positif dari keseriusan pemerintah Indonesia mengendalikan kebakaran hutan dan lahan.
 
Sekjen ASEAN Dato Lim Jock Hoi mengatakan Pusat Inteligensi KLHK dapat dijadikan contoh bagi ASEAN dalam membangun pusat komando tingkat ASEAN.

 

(UWA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif