Medcom.id/Dheri Agriesta
Medcom.id/Dheri Agriesta

Kemenkes Perketat Pintu Masuk Internasional Cegah Cacar Monyet

Nasional Cacar Monyet
Dheri Agriesta • 14 Mei 2019 14:08
Jakarta: Kementerian Kesehatan mengkhawatirkan wabah cacar monyet yang sudah sampai di Singapura. Kemenkes pun memperketat pintu masuk internasional mencegah virus itu masuk ke Indonesia.
 
"Kita khawatir karena saat ini sudah sampai di Singapura. Kami dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Batam, pintu masuk utama dari Singapura, kita perkuat dalam hal ini," kata Menteri Kesehatan (Menkes) Nila F Moeloek di Kantor Staf Presiden, Jalan Veteran, Jakarta, Selasa, 14 Mei 2019.
 
Nila menyebut gejala cacar monyet mirip dengan penyakit lain, seperti ruam panas atau demam. Petugas Kemenkes akan berjaga di pintu masuk pelabuhan internasional untuk mengawasi pengunjung yang terjangkit deman sesuai gejala cacar monyet. "Kita juga cukup khawatir karena pintu masuknya banyak," kata Nila.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Kepri Pastikan Belum Ada Warga Mengidap Cacar Monyet
 
Petugas akan memerhatikan pengunjung melalui alat pemindai panas. Sehingga, petugas dapat mengindikasi pengunjung yang terjangkit virus tersebut. "Seperti CCTV begitu, jadi kalau anda demam dan lewat situ, kamu gambarnya jadi merah-merah begitu ya," jelas Nila.
 
Nila menambahkan di Pelabuhan Batam terdapat kantor kesehatan pelabuhan yang dapat digunakan sebagai lokasi karantina jika ditemukan pengunjung yang terjangkit virus itu. Fasilitas tersebut juga ada di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. "Kita punya di pelabuhan besar-besar yang jalur internasional kita pakai," kata dia.
 
Virus cacar monyet ditularkan dari hewan ke manusia. Virus ini tidak cuma ditularkan dari monyet, tapi juga hewan lain seperti tupai dan tikus. Penularan bisa dilakukan lewat gigtan, darah, atau kulit hewan yang terinfeksi.
 
"Mula-mula penyakit hanya ada di Afrika, terutama Afrika Barat, Kongo, Liberia, Nigeria, Pantai Gading," jelas Nila.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

MAGHRIB 17:47
DOWNLOAD JADWAL

Untuk Jakarta dan sekitarnya

  • IMSAK04:25
  • SUBUH04:35
  • DZUHUR11:53
  • ASHAR15:14
  • ISYA19:00

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif