Ilustrasi gempa Lombok - MI/Susanto.
Ilustrasi gempa Lombok - MI/Susanto.

DKI Sumbang Rp33,6 Miliar untuk Pemulihan Lombok

Nasional Gempa Lombok
Nur Azizah • 04 Januari 2019 10:11
Jakarta: Pemprov DKI Jakarta menyerahkan dana bantuan sebesar Rp19,2 miliar pada Pemerintah Kabupaten Lombok Utara. Bantuan akan digunakan untuk membangun 16 sekolah di wilayah tersebut.
 
Kepala Biro Kepala Daerah dan Kerja Sama Luar Negeri DKI Jakarta Muhammad Mawardi mengatakan, bantuan diberikan langsung oleh Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Malam tadi, Anies terbang ke Lombok Utara untuk memberikan bantuan tersebut.
 
"Tadi malam berangkat untuk menyerahkan bantuan keuangan," kata Mawardi kepada wartawan, Jumat 4 Januari 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Pemprov DKI juga akan memberikan bantuan sebesar Rp10 miliar pada Pemkab Lombok Timur. Uang tersebut untuk membangun sanitasi, rehab fasilitas pendidikan, dan normalisasi jaringan air.
 
(Baca juga:BNPB: 32.129 Rumah Rusak Akibat Gempa Lombok Terverifikasi)
 
Mawardi mengungkapkan total dana bantuan sejumlah Rp29,2 miliar itu berasal dari APBD DKI Jakarta. Pemprov juga memberikan dana sebesar Rp4,4 miliar khusus untuk membangun gedung SMP 2 Tanjung di Lombok Utara.
 
"Hasil sumbangan PNS DKI," imbuh Mawardi.
 
Sumbangan ini untuk membantu proses pemulihan wilayah Lombok pasca diguncang gempa, Juli 2018. Data hingga September 2018 mencatat, gempa berkekuatan 6,4 skala richter itu menewaskan 564 orang dan merusak rumah serta sejumlah fasilitas umum.
 

 

(REN)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi