Sebelum mendaftar, kamu perlu membuat akun melalui laman um.ugm.ac.id. Perlu diperhatikan satu NIK hanya digunakan untuk membuat satu akun pendaftaran.
Email yang digunakan merupakan email personal yang berstatus aktif. Seluruh informasi mengenai proses seleksi akan dilakukan pada email tersebut.
Satu akun pendaftaran tersebut hanya dapat digunakan untuk mendaftar pada satu intake dalam satu periode yang sama. Berikut rincian mengenai syarat pendaftaran, alur pendaftaran, dan jadwal seleksi, dikutip dari laman um.ugm.ac.id:
Syarat pendaftaran
- Ijazah asli jenjang pendidikan sebelumnya (S1) dengan program studi yang berkaitan
- Transkrip nilai
- Sertifikat akreditasi program S1
- Sertifikat hasil tes potensi masih berlaku (maksimum dua tahun dari tanggal dikeluarkannya)
- Sertifikat hasil tes kemampuan bahasa Inggris masih berlaku (maksimum dua tahun dari tanggal dikeluarkannya)
- Rekomendasi bersifat rahasia dari dua orang yang mengenal calon mahasiswa dari jenjang pendidikan sebelumnya (Dosen Pembimbing Akademik atau orang lain yang dianggap berwenang
- Surat izin/tugas belajar dari instansi tempat kerja bagi pendaftar yang sudah bekerja
- Dokumen Memorandum of Understanding (MoU) atau perjanjian kerja sama (PKS) atau surat penetapan sebagai penerima beasiswa (khusus bagi pendaftaran jalur kerja sama)
- Surat pernyataan keaslian dokumen (dapat diunduh pada laman um.ugm.ac.id/persyaratan-pendaftaran-magister)
- Ada syarat khusus seperti proposal penelitian tesis (wajib bagi pelamar jalur berbasis penelitian)/tulisan esai/syarat khusus lainnya yang dipersyarakat oleh program studi
- Selain itu, proyeksi keinginan calon mahasiswa dalam mengikuti program Magister yang berisi rencana topik/minat penelitian beserta alasan dan harapan mengikuti program yang dipilih, rencana topik penelitian, dan rencana setelah lulus kuliah
Alur pendaftaran
- Buatlah akun pendaftaran
- Memperoleh email verifikasi akun pendaftaran
- Memvalidasi akun (klik link dalam email yang dikirim DPP)
- Log in untuk memilih jalur, prodi tujuan, dan melengkapi data serta mengunggah dokumen
- Submit data pendaftaran
- Membayar biaya pendaftaran di Bank Mitra
- Mencetak bukti pendaftaran melalui akun pendaftaran
- Verifikasi dokumen secara online oleh prodi dan DPP (jika ada)
- Tes substantif/seleksi oleh prodi (jika ada)
- Pengumuman hasil seleksi
Jadwal
Berikut jadwal penerimaan mahasiswa baru program Pascasarjana Semester Genap 2024/2025. Jadwal memungkinkan mengalami perubahan sewaktu-waktu. Informasi lebih lanjut dapat mengakses laman um.ugm.ac.id:- Pendaftaran: 3-24 September 2024
- Pembayaran biaya pendaftaran: sesuai jadwal yang tercantum pada kode pembayaran masing-masing
- Tes substantif (jika ada): 28-30 September 2024
- Pengumuman hasil seleksi: 3 Oktober 2024
- Registrasi online bagi yang diterima: 4 Oktober-31 Januari 2025
- Hasil verifikasi dokumen registrasi dan penetapan UKT: 10 Oktober 2024
- Periode pembayaran UKT: 10 Oktober-31 Januari 2025
- Awal kegiatan akademik: 10 Februari 2025.
Baca juga: UGM Wisuda 1.797 Lulusan Program Sarjana, Wisudawan Diingatkan Mesti Memiliki Integritas |
Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News