BMKG: Waspadai Pasang Air Laut di Bangka

Kautsar Widya Prabowo 23 November 2018 05:30 WIB
cuaca buruk
BMKG: Waspadai Pasang Air Laut di Bangka
Ilustrasi- Medcom.id.
Pangkalpinang: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Pangkalpinang mengimbau masyarakat yang berada di pesisir Kepulaun Bangka Belitung (Babel) agar wasapada terhadap ketinggian air laut. Imbauan ini dikeluarkan, mengingat cuaca dan kecepatan angin yang sulit diprediksi. 

"Kami tetap mengimbau agar warga atau wisatawan waspada karena ketinggian pasang air laut dapat berubah sewaktu-waktu, tergantung cuaca dan kecepatan angin ,"ujar petugas Kantor BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Kota Pangkalpinang, Evi Diana di Pangkalpinang, Kamis, 22 Oktober 2018, seperti dikutip Antara. 

Kendati demkian, saat ini kondisi pesisir Babel masih dalam kategori aman. Hal itu terlihat dengan rata-rata ketinggian pasang air laut dibawah dua meter. 
 
BMKG juga memperkirakan ketinggian gelombang di perairan dan jalur-jalur penyebrangan masih relatif normal. Hanya berkisar 0,25 sampai 1,25 meter. 


Kondisi tersebut juga dialami pada gelombang di jalur penyebrangan sekitarnya. Seperti pada jalur penyebrangan Selat Bangka, Utara Bangka, dan Selat Karimata antara 0,25 sampai 0,75 meter, sedangkan di Selat Gelasa dan Selatan Bangka sekitar antara 0,5 sampai 1,25 meter.      

"Meski demikian, kami tetap mengimbau para pengguna jasa angkutan laut serta nelayan tradisional agar waspada selama berada di perairan karena ketinggian gelombang maksimum dapat mencapai dua kali ketinggian gelombang signifikan," tutur Evi.

Lebih lanjut, BMKG juga melihat kondisi ketinggian pasang air laut di pesisir pantai Sungailiat Kabupaten Bangka sekitar 1,86 meter, di Toboali Kabupaten Bangka Selatan 1,81 meter, di Kelapa Kampit Kabupaten Belitung Timur 1,50 meter, di Mentok Kabupaten Bangka Barat 1,40 meter, di Tanjungpandan Kabupaten Belitung 1,22 meter dan di Belinyu Kabupaten Bangka sekitar 1,22 meter.



(DMR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id