Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)
Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah (Foto:Medcom.id/Anggi Tondi Martaon)

Timwas Soroti Persoalan Pembiayaan Bencana

Nasional berita dpr
Anggi Tondi Martaon • 16 Mei 2019 14:05
Jakarta: Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah membuka acara focus group discussion (FGD) Tim Pengawas (Timwas) Bencana. Diskusi dilakukan untuk memetakan berbagai persoalan penanganan bencana di Indonesia.
 
Diskusi dihadiri oleh Kementerian Keuangan (Kemenkeu), Badan Penanggulangan Bencana Nasional (BNPB), dan Badan Keahlian Kesekretariatan Jenderal DPR.
 
"FGD ini dalam rangka penyusunan laporan akhir Timwas Bencana. Kita melihat gambar besar dari persoalannya," kata Fahri Hamzah, di ruang kerjanya lantai 4 Gedung Nusantara III Kompleks Parlemen, Jalan Gatot Subroto, Jakarta, Kamis, 16 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Fahri menyebutkan, salah satu persoalan yang disoroti dalam diskusi itu terkait sistem pembiayaan penanganan bencana. Persoalan ini diangkat berdasarkan berbagai temuan keterlambatan pencairan anggaran penanganan bencana.
 
"Kenapa dana itu kurang cepat, dialokasikan di mana, apakah ada aturan yang membuat dia standby, aturan dia dalam belanja dan distribusi bagaimana, apakah ada hambatan," kata Fahri Hamzah merinci.
 
Berbagai permasalahan yang menghambat akan dirumuskan dalam kesimpulan Timwas Bencana. Kemudian, akan disampaikan kepada pemerintah sebagai bahan perbaikan. "Nanti mau kita laporkan ke timwas," ujarnya.
 

(ROS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif