Lokasi terdampak tsunami Selat Sunda/ANT/Akbar Nugroho Gumay
Lokasi terdampak tsunami Selat Sunda/ANT/Akbar Nugroho Gumay

Kapal Bantuan Tsunami Dimonitor Pemerintah Pusat

Nasional Tsunami di Selat Sunda
Kautsar Widya Prabowo • 24 Desember 2018 13:34
Jakarta: Pergerakan kapal bantuan tsunami Selat Sunda dimonitor langsung Direktorat Jenderal Perhubungan Laut (Ditjen Hubla) Kementerian Perhubungan. Posko disiapkan di kantor Ditjen Hubla.
 
"Untuk memonitor pergerakan kapal-kapal dan mengoptimalkan kapal negara serta kapal lainnya untuk pemberian bantuan," ujar Direktur Kesatuan Penjagaan Laut dan Pantai (KPLP) Ditjen Hubla, Junaidi, di Jakarta, Senin, 24 Desember 2018.
 
Baca: Penyaluran Bantuan Jalur Laut Disiapkan

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kantor Syahbandar dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas I Banten ditunjuk sebagai koordinator utama di Merak, Banten. Sedangkan KSOP Panjang menjadi koordinator utama wilayah Lampung. Sedangkan KSOP Kelas I Banten siap menerima dan menyalurkan bantuan kemanusiaan korban bencana.
 
Ditjen Hubla juga akan berkoordinasi dengan Ditjen Perhubungan Darat. Mereka juga akan mengoptimalkan pengerahan kapal negara dari Pangkalan Penjagaan Laut dan Pantai (PLP), kapal kenavigasian, dan kapal patroli KSOP dalam penanggulangan pascabencana.
 
Baca: Jokowi Tinjau Penanganan Tsunami di Banten
 
Tenaga medis juga disiapkan dari Balai Kerja dan Kesehatan Pelabuhan (BKKP) Ditjen Perhubungan Laut. Mereka ditugaskan membantu korban cedera maupun trauma.
 
"Semoga semua ini dapat meringankan beban para saudara kita yang sedang tertimpa bencana tsunami," ucap dia.
 

(OJE)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif