24 Kantong Jenazah Telah Dikirim ke RS Polri

M Sholahadhin Azhar 30 Oktober 2018 05:58 WIB
Lion Air Jatuh
24 Kantong Jenazah Telah Dikirim ke RS Polri
Kepala RS Polri Kombes Pol Musyafak. Medcom.id/ M Sholahadhin Azhar
Jakarta: Kantong jenazah korban pesawat Lion Air JT619 berdatangan di RS Polri, Kramat Jati, Jakarta Timur. Kepala RS Polri Kombes Pol Musyafak menyebut sudah ada 24 kantong jenazah yang datang.

"Terakhir pukul 23.30 WIB. Ini bisa jadi satu kantong lebih dari satu (jenazah). Kita tak bisa menyampaikan jumlah korban," kata Musyafak di lokasi, Selasa, 30 Oktober 2018.

Musyafak pun membeberkan kondisi korban di kantong jenazah yang sebagian besar sudah tidal lagi utuh. Ia meminta keluarga korban sabar menunggu identifikasi lebih jauh.


"Bukan tidak berharap banyak, tapi kesabaran agar menunggu proses identifikasi berlangsung," kata dia.

Musyafak menyebut 24 kantong masuk dalam kategori postmortem. Artinya, kondisi korban ditemukan sesuai fakta di lapangan. Keluarga yang sudah didata antemortem atau data pencocokan korban diminta pulang.

"Enggak perlu menunggu di sini kalau sudah didata. Kalau belum lengkap ya dilengkapi, diambil datanya dari tim antem mortem," tutur Musyafak.

Untuk diketahui ada dua metode identifikasi awal yang dipakai. Yakni postmortem dan antemortem. Post mortem adalah data fakta di lapangan seperti sidik jari, identitas dan jejak medis. 

Sementara antemortem adalah data yang dibawa keluarga korban. Seperti baju yang terakhir dipakai, atau lebih jauh lagi yakni DNA dari darah orang tua atau anak korban.

Di sisi lain untuk mempermudah proses identifikasi korban, Lion Air menerbangkan keluarga korban dari Pangkalpinang, Bangka Belitung dan Medan ke Jakarta. Saat ini sudah ada 166 orang dari keluarga korban tiba di Jakarta.

"Pihak keluarga penumpang sudah berada di Jakarta, kami telah siapkan fasilitas akomodasi (penginapan), serta pusat informasi di hotel Ibis daerah Cawang, Jakarta Timur, agar memudahkan mobilitas ke posko Bandar Udara Internasional Halim Perdanakusuma," kata Corporate Communication Strategic of Lion Air Danang Mandala.



(SCI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id