Bitung Diguncang Gempa 5,3 SR

Mulyadi Pontororing 21 November 2018 13:01 WIB
gempa bumi
Bitung Diguncang Gempa 5,3 SR
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal
Manado: Gempa tektonik berkekuatan 5,3 Skala Richter mengguncang Kota Bitung, Sulawesi Utara, Rabu, 21 November 2018. Gempa terjadi pada pukul 12.31 Wita.

Pusat gempa berada di wilayah laut sekitar 138 kilometer tenggara Kota Bitung. Koordinat episenter gempa berada di 0,63 LU dan 126,03 BT pada kedalaman 10 kilometer.

Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Stasiun Geofisika Manado Edward Henrry Mengko menyebut gempa ini berjenis gempa bumi dangkal. Lindu terjadi akibat aktivitas penyesaran dangkal pada lempeng Laut Maluku.


"Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi di wilayah laut di sebelah tenggara Kabupaten Kota Bitung ini, dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan dari struktur sesar naik (thrust fault)," kata dia dalam rilis yang diterima Medcom.id.

Guncangan gempa bumi ini dilaporkan dirasakan di daerah Minasaha Utara, dan bitung II - III MMI serta Ternate II MMI. Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut.

Gempa bumi ini juga tidak berpotensi tsunami. Hingga pukul 13.08 Wita, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock).

"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," imbaunya.



(SUR)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id