Ilustrasi penumpang di Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Medcom /Hendrik.
Ilustrasi penumpang di Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Medcom /Hendrik.

Wisatawan di Luar 19 Negara Tetap Bisa Masuk Indonesia

Nasional bali WNA Luhut Pandjaitan covid-19 Pintu Masuk Indonesia Diperketat 19 Negara Boleh Masuk Indonesia
Theofilus Ifan Sucipto • 13 Oktober 2021 22:20
Jakarta: Pemerintah mengizinkan 19 negara masuk ke Indonesia melalui Bali dan Kepulauan Riau (Kepri). 19 Negara itu, yakni Saudi Arabia, United Arab Emirates, Selandia Baru, Kuwait, Bahrain, Qatar, China, India, Jepang, Korea Selatan, Liechtenstein, dan Italia.
 
Kemudian Prancis, Portugal, Spanyol, Swedia, Polandia, Hungaria, dan Norwegia. Namun, pelaku perjalanan internasional dari negara di luar 19 daftar itu tetap bisa masuk ke Tanah Air.
 
“Bila melalui pintu masuk perjalanan internasional Jakarta atau Manado dengan catatan,” kata Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan dalam telekonferensi di Jakarta, Rabu, 13 Oktober 2021.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Catatan yang dimaksud meliputi mengikuti ketentuan karantina dan tes covid-19. Masa karantina selama lima hari baik itu di Bali, Kepri, dan pintu masuk lainnya.
 
“Baik (lewat jalur) udara, darat, maupun laut, dan berlaku bagi semua jenis pelaku perjalanan, seperti PMI (pekerja migran Indonesia), TKA (tenaga kerja asing), ASN (aparatur sipil negara), WNI (warga negara Indonesia)/WNA (warga negara asing) umum,” papar dia.
 
Luhut menegaskan WNI atau WNA yang masuk ke Indonesia melalui Bali dan Kepri dilarang keluar dari kamar/vila/kapal sampai masa karantina berakhir. Mereka wajib melakukan tes  polymerase chain reaction (PCR) ulang pada malam keempat.
 
“Pembiayaan karantina akan dilakukan secara mandiri bagi seluruh penumpang penerbangan internasional yang masuk dan tidak ada yang dibiayai pemerintah,” ujar dia.
 
Pelaku perjalanan internasional ke Bali dan Kepri harus memiliki asuransi kesehatan dengan nilai pertanggungan minimal setara Rp1 miliar. Jumlah itu harus mencakup pembiayaan penanganan covid-19.
 
Baca:  Ini Daftar 19 Negara yang Diizinkan Masuk ke Indonesia
 
Luhut meminta Kementerian Kesehatan, Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perhubungan, dan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif untuk menyelesaikan persiapan teknis kedatangan perjalanan internasional ke Bali. Begitu juga dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Gubernur, Pangdam, dan Kapolda Paldi 
 
“Segera diterbitkan surat edaran yang mengatur lebih detail tentang regulasi perjalanan internasional,” tutur dia. 
 
(NUR)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif