Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (tengah). MI/M Irfan
Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian (tengah). MI/M Irfan

Seluruh Data WNI Harus Terekap dalam KTP-el

Nasional e-ktp kemendagri
Kautsar Widya Prabowo • 06 Oktober 2020 15:17
Jakarta: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian menginstruksikan Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) merekap data seluruh warga negara Indonesia (WNI) ke kartu tanda penduduk elektronik (KTP-el). Sudah 98 persen data penduduk Indonesia terekap dalam KTP-el.
 
"Kita masih punya pekerjaan rumah (PR), masih ada sekitar dua persen yang belum masuk database," kata Tito dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kependudukan dan Catatan Sipil 2020, secara virtual, Selasa, 6 Oktober 2020.
 
Menurut Tito, data penduduk yang terekap dengan baik dalam program pangkalan data Dukcapil akan mendukung pembangunan nasional. Mulai perencanaan hingga eksekusi yang dibutuhkan oleh kementerian, lembaga, dan pemerintah daerah.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Dukcapil Cetak 2,2 Juta KTP-el Selama Pandemi Covid-19
 
Selain itu, Dukcapil telah melengkapi beberapa fitur yang dapat menunjang sistem kerja instansi terkait. Seperti adanya pengenal wajah dan sidik jari untuk memudahkan pencarian data sipil dari setiap individu.
 
"Kita bisa masuk ke dalam database dan kemudian kita dengan cepat bisa ketahui siapa orang yang ada di foto itu. Ini akan mempermudah banyak sekali fungsi ya untuk semua kementerian lembaga termasuk di antaranya hukum," kata dia.
 
Pangkalan data itu akan memerinci detail jumlah masyarakat dengan jenis kelamin laki-laki dan perempuan. Termasuk, data tingkat pendidikan.
 
"Semua bisa diolah dari data-data mentah jadi data spesifik yang dapat digunakan oleh banyak pihak," kata dia.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif