Mahasiswa mengunjungi Museum Sumpah Pemuda, di Jalan Kramat Raya No 106, Jakarta, Selasa, 27 Oktober 2020. Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso
Mahasiswa mengunjungi Museum Sumpah Pemuda, di Jalan Kramat Raya No 106, Jakarta, Selasa, 27 Oktober 2020. Foto: Antara/Indrianto Eko Suwarso

Pemuda Harus Mengedepankan Kesamaan, Bukan Perbedaan

Nasional Virus Korona Sumpah Pemuda kepemudaan
Yogi Bayu Aji • 29 Oktober 2020 08:01
Jakarta: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Zainudin Amali mengingatkan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 menghendaki persatuan di tengah banyaknya perbedaan. Semangat yang dibawa para pemuda pada 92 tahun silam harus terus dijaga.
 
"Bersatu berarti kita harus melangkah maju bersama, bersatu berarti bekerja bersama secara gotong-royong, bersatu berarti mengedepankan kesamaan kita, bukan mendorong perbedaan-perbedaan sesama anak bangsa," kata Zainudin saat membuka Pekan Pemuda Nasional (PPN) 2020 secara daring, Rabu, 28 Oktober 2020.
 
Menurut dia, di tengah pandemi virus korona (covid-19), persatuan ini diuji. Seluruh elemen bangsa tidak boleh tinggal diam, harus saling bahu-membahu. Pandemi covid-19 harus diatasi bersama untuk membuat Indonesia lebih maju, baik, dan sejahtera.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Di samping itu, dia menyebut era global dan bonus demografi harus disikapi bijak dengan adaptasi cepat terhadap penguasaan teknologi informasi. Nilai-nilai positif yang muncul seiring perkembangan zaman harus memacu inovasi demi kemajuan pewaris masa depan bangsa.
 
Baca: Pemuda Harus Punya Visi Misi Tegas Tolak Korupsi
 
"Kemajuan iptek (ilmu pengetahuan dan teknologi) dan imtak (iman dan takwa) harus berjalan seiring agar negeri ini semakin maju. Medsos (media sosial) bagian kemajuan IT (teknologi informasi) harus disikapi secara bijak, hal-hal yang dapat diketahui per menit bahkan per detik harus dipilah mana yang positif maupun yang negatif," jelas dia.
 
Di sisi lain, dia mengapresiasi PPN 2020 dari Pengurus Nasional Perkumpulan Pemuda Indonesia (PN PPI) yang digawangi Ketua Nasional MT Natalis Situmorang dan Sekretaris Eksekutif Angga Busra Lesmana. Ada 13 cabang kreativitas pemuda (cakerda) yang diperlombakan meliputi bidang seni dan budaya, kreativitas, dan teknologi dan informasi.
 
"Kita juga ingin pekan pemuda ini sebagai salah satu ajang yang bergengsi di hari Sumpah Pemuda," ujar Angga.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif