Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

WHO Ingatkan Indonesia Soal Kombinasi Covid-19 dan Bencana Alam

Nasional Virus Korona bencana alam
Theofilus Ifan Sucipto • 13 Oktober 2020 18:40
Jakarta: Pemerintah dan masyarakat diimbau mewaspadai kombinasi covid-19 dan bencana alam. Penyebaran virus berbahaya itu diprediksi membuat upaya antisipasi bencana alam kian menantang.
 
“Penyebaran covid-19 dengan sangat mudah dapat menjadikan kerentanan yang lebih tinggi pada saat suatu populasi terdampak bencana,” kata Manajer Program Kantor Wilayah Asia Tenggara Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Nilesh Buddha, dalam keterangan tertulis, Selasa, 13 Oktober 2020.
 
Menurut dia, masalah ini tidak hanya dihadapi Indonesia, tetapi seluruh negara di dunia. Namun, Indonesia harus ekstra waspada lantaran diprediksi terdampak fenomena La Nina yang menyebabkan curah hujan tinggi.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Nilesh Buddha menyebut antisipasi harus dilakukan sejak dini dari tingkat individu dan komunitas. Masyarakat harus diberdayakan dengan memberikan pendidikan tentang bahaya covid-19.
 
Dia mengingatkan bencana tidak mengenal usia, jenis kelamin, bahkan jabatan. Untuk itu, antisipasi harus dilakukan bersama antara pemerintah dan masyarakat.
 
“Perlu kesiapsiagaan di wilayah dengan risiko tinggi dan pelibatan komunitas serta bekerja sama dengan masyarakat sipil,” tutur Nilesh Buddha.
 
Potensi bencana alam, kata dia, harus dihadapi dengan matang mengingat dapat terjadi di tengah pandemi covid-19. Langkah preventif tetap harus mengutamakan protokol kesehatan.
 
Peneliti Universitas De La Salle, Filipina, Marlon de Luna Era, berbagi pengalaman negaranya menangani bencana. Kurangnya tempat evakuasi disebut bakal berdampak pada kesiapsiagaan bencana di masa mendatang.
 
Baca: Prediksi UGM: La Nina Terjadi Akhir Tahun Hingga Februari 2021
 
Salah satu kunci terpenting yakni peringatan dini yang memadai dan merata. Dengan begitu, masyarakat mengetahui potensi bencana di wilayah masing-masing dan menyiapkan rencana evakuasi.
 
“Peringatan dini sangat dibutuhkan dalam menyikapi kondisi yang dapat menuju kerentanan tinggi, khususnya dengan adanya covid-19,” kata Marlon de Luna Era.
 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif