Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. MI/Susanto
Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri. MI/Susanto

Esensi Perjuangan RA Kartini di Mata Firli Bahuri

Nasional KPK Hari Kartini kasus korupsi Penegakan Hukum Pemberantasan Korupsi
Candra Yuri Nuralam • 21 April 2021 13:45
Jakarta: Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menilai semangat perjuangan RA Kartini akan selalu hidup di Indonesia. Semangat dan nilai perjuangan tokoh emansipasi perempuan Indonesia itu diyakini tak akan lekang oleh waktu.
 
Firli mengatakan RA Kartini sosok yang bisa membangkitkan wanita mencapai kesetaraan di zaman penjajahan. Kartini berhasil mendapatkan hal tersebut melalui keputusan, kebijakan, sentuhan feminisme ide, kreativitas, serta pandangannya.
 
Firli menilai pemikiran Kartini itu yang membuat perempuan tidak lagi dipandang sebagai pasangan pria. Saat ini, kata dia, perempuan mempunyai peran penting dalam kemajuan bangsa.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kehadiran wanita dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan bernegara, memiliki andil besar dalam membentuk, menentukan arah, tujuan dan masa depan bangsa. Mengingat dari rahim mereka akan lahir calon-calon generasi penerus serta pemimpin negeri ini," ujar Firli kepada Medcom.id, Rabu, 21 April 2021.
 
Baca: Tiru Kartini, NasDem DKI Ajak Perempuan Bangkit di Tengah Pandemi
 
Perempuan dinilai menjadi faktor utama yang membuat bangsa semakin maju. Pasalnya, kata Firli, perempuan bakal mendidik anak dan keluarganya untuk mengasah kualitas generasi peneruh.
 
Pendidikan dan kemampuan mengasah karakter anak itu hanya bisa dilakukan perempuan. Sebab, kata Firli, sentuhan seorang ibu akan berbeda dengan bapak.
 
"Nilai-nilai agama, moral, etika, budaya serta kejujuran, disemaikan dalam jiwa dan raga generasi muda sejak terlahir," tutur Firli.
 
Seorang ibu bakal mendidik anak dan keluarganya untuk menjadi pribadi yang jujur. Kejujuran itu, kata Firli, merupakan bekal utama dalam pemberantasan korupsi di Indonesia.
 
"Agar kelak mereka memiliki integritas dan karakter kuat antikorupsi dalam perjalanan hidupnya," tutur Firli.
 
 
  • Halaman :
  • 1
  • 2
Read All



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif