Ilustrasi/Medcom.id
Ilustrasi/Medcom.id

Pemerintah Kejar Target Tes PCR Korona

Nasional Virus Korona virus corona
M Sholahadhin Azhar • 07 April 2020 07:00
Jakarta: Pemerintah mengejar kapasitas tes polymerase chain reaction (PCR) virus korona (covid-19). Juru bicara pemerintah untuk penanganan virus korona, Achmad Yurianto, menyebut saat ini tes PCR mencapai 1.700 spesimen atau sampel per hari.
 
"Laju bisa dipercepat karena ketersediaan virus transform media, yang semula terbatas dan sekarang jumlahnya banyak maka ini juga mempercepat proses PCR," ujar pria yang akrab disapa Yuri itu dalam program Prime Talk di Metro TV, Senin, 6 April 2020.
 
Baca:Pemerintah Kembangkan 2 Jenis Alat Rapid Test

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dia tak memerinci ketersediaan alat tersebut. Namun Yuri memastikan pemerintah bekerja maksimal menelusuri data rapid test positif.
 
Menurut Yuri, saat ini ada puluhan laboratorium terdaftar dengan kemampuan menganalisa PCR. Pemerintah terus melakukan penelusuran dan memberikan data rapid test pada laboratorium yang ditunjuk, salah satunya Lembaga biologi molekuler Eijkman.
 
Kepala lembaga biologi molekuler Eijkman Amin Subandrio, menyebut pihaknya memiliki dua alat PCR. Tiap satu alat bisa memeriksa 90 spesimen per hari.
 
"Kami sedang mendatangkan satu alat lagi sehingga ada tiga alat. Minggu depan diharapkan kita bisa mencapai 300 sampel per hari," kata Amin.
 
Saat ini, pihaknya menerima 200 hingga 300 spesimen per hari. Total, ada 3 ribu lebih sampel yang diterima dari 130 institusi.
 
Eijkman telah menerima Rp14 miliar dari pemerintah pusat untuk meningkatkan kapasitas tes PCR. Proyeksi Amin, dana tersebut akan digunakan melengkapi reagan atau pendeteksi virus korona.
 
Selain itu, dia menargetkan tes PCR hingga seribu per hari selama tiga bulan ke depan. Maka pihaknya akan mendatangkan alat PCR untuk mengejar target itu.
 
"Untuk total, dibutuhkan dana Rp20 miliar. Tapi ini secara bertahap," kata Amin.
 

(ADN)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif