Kepala BNPB Doni Monardo. Antara/Indrianto Eko
Kepala BNPB Doni Monardo. Antara/Indrianto Eko

Covid-19 Diprediksi Tak Akan Hilang

Nasional Virus Korona virus corona
Nur Azizah • 18 Mei 2020 18:21
Jakarta: Penelitian dari sejumlah pakar epidemiologi di seluruh dunia memprediksi virus korona (covid-19) tidak akan hilang dari dunia. Manusia harus hidup berdamai dengan virus covid-19 hingga waktu yang sulit ditentukan, atau setidaknya hingga vaksin ditemukan.
 
"Sejumlah pakar virus mengatakan bahwa sangat mungkin virus ini tidak akan hilang," kata Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo di Kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Jakarta Timur, Senin, 18 Mei 2020.
 
Vaksin untuk virus ini juga belum ditemukan. Doni menyebut belum ada negara yang berhasil menemukan penangkal covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sampai saat ini belum ada kepastian. Artinya dalam waktu yang sangat lama kita tetap hidup tetapi berada di bawah ancaman covid-19," ujarnya.
 
Sesuai instruksi Presiden Joko Widodo masyarakat diminta hidup berdampingan dengan pagebluk. Namun, berdamai dengan virus bukan berarti menyerah dan lengah.
 
"Justru kita tingkatkan kewaspadaan kita agar kita tidak terpapar covid-19," jelasnya.
 
Baca: Jokowi Minta Publik Berdamai dengan Korona Hingga Vaksin Ditemukan
 
Sebelumnya, Presiden Jokowi menyebut pemerintah tengah berupaya keras agar puncak pandemi covid-19 segera menurun. Namun, ia meminta masyarakat berdamai dengan kondisi ini hingga covid-19 benar-benar pergi dari Indonesia.
 
"Sampai ditemukannya vaksin yang efektif, kita harus hidup berdamai dengan covid-19 untuk beberapa waktu ke depan," kata Presiden Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta, dalam video yang diunggah Biro Pers, Media, dan Informasi Sekretariat Presiden pada Kamis, 7 Mei 2020.
 
Menurut Presiden, Indonesia beruntung karena sejak awal pemerintah memilih kebijakan pembatasan sosial berskala nesar (PSBB). Pemerintah tidak berniat menerapkan karantina wilayah atau lockdown seperti sejumlah negara.
 
"Dengan PSBB masyarakat masih bisa beraktivitas, tetapi memang dibatasi. Masyarakat juga harus sadar membatasi diri, tidak boleh berkumpul dalam skala besar," imbuh Jokowi.
 

Informasi lengkap tentang perkembangan penanganan pandemi covid-19 bisa langsung diakses di sini: https://www.medcom.id/corona
 

(SUR)

LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif