Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo. Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto

Keterbukaan Data Pasien Covid-19 Terkendala Undang-Undang

Nasional Virus Korona
Kautsar Widya Prabowo • 14 Juli 2020 06:03
Jakarta: Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyebut keterbukaan data pasien terjangkit covid-19 (korona) dapat membantu memperkecil area penularan. Masyarakat yang tingal dekat dengan pasien terjangkit korona bisa lebih waspada.
 
"Ini akan sangat membantu, sehingga masyarakat di sekitar bisa menghindar," ujar Doni di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Senin, 13 Juli 2020.
 
Doni menilai terjangkit covid-19 bukan hal yang perlu ditutup-tutupi. Setiap orang dari berbagai kalangan berpotensi tertular virus yang pertama kali muncul di Wuhan, Tiongkok itu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Sekarang ini tidak ada rasanya menganggap orang yang kena covid-19 ini adalah suatu aib, karena semuanya bisa kena," tutur dia.
 
(Baca: BSSN Jamin Data Pasien Covid-19 di Indonesia Aman)
 
Dia menyebut keterbukaan informasi menjadi evaluasi pemerintah dalam memberikan pelayanan keselamatan kepada masyarakat. Sehingga dapat memberikan solusi bagi masyarakat yang terjangkit covid-19.
 
"Sangat membantu petugas di lapangan agar tidak membuat masyarakat yang lain dengan mudah terpapar," jelas dia.
 
Namun, Doni menyebut larangan publikasi pasien diatur dalam beberapa undang-undang. Seperti, Pasal 32 I Undang-Undang Nomor 44 Tahun 2009 tentang Rumah sakit. Aturan berbunyi: (Pasien) mendapatkan privasi dan kerahasiaan penyakit yang diderita termasuk data-data medisnya;
 
Kemudian, Pasal 57 ayat (1) Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2009 tentang kesehatan, berbunyi: Setiap orang berhak atas rahasia kondisi ke sehatan pribadinya yang telah dikemukakan kepada penyelenggara pelayanan kesehatan.
 

(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif