Aksi bersih kawasan konservasi dan penanaman pohon oleh Kementerian LHK/Medcom.id/Yurike.
Aksi bersih kawasan konservasi dan penanaman pohon oleh Kementerian LHK/Medcom.id/Yurike.

Kementerian LHK Selenggarakan Aksi Bersih dan Penanaman Pohon

Nasional Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan
Yurike Budiman • 11 Agustus 2020 05:30
Jakarta: Dalam rangka road to Hari Konservasi Alam Nasional (HKAN) 2020, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menyelenggarakan aksi bersih kawasan konservasi dan penanaman pohon di Taman Wisata Alam Angke Kapuk, Jakarta Utara.
 
Wakil Menteri LHK, Alue Dohong, berharap kegiatan konservasi ini dapat menjadi bagian dari hidup masyarakat sehari-hari.
 
"Jadikan konservasi alam sebagai bagian dari sikap hidup kita sehari-hari agar selanjutnya berkembang menjadi budaya bangsa yang dapat kita wariskan kepada generasi-generasi penerus kita," ujarnya, Senin, 10 Agustus 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Ia juga mengimbau agar masyarakat bisa bepergian ke kawasan Taman Nasional, Taman Wisata Alam, dan Suaka Margasatwa, meski dalam kondisi transisi akhir covid-19. Tentunya dengan menjalankan protokol kesehatan yang diterapkan.
 
Menurut Alue, dengan mengunjungi kawasan konservasi, diharapkan akan menciptakan optimisme dan peluang di sektor pariwisata alam.
 
"Konservasi yang berkaitan perlindungan, pengawetan dan pemanfaatan secara bersamaan telah terjadi sejak jaman kerajaan-kerajaan Nusantara dulu," kata Alue.
 
Pemanfaatan sumber daya alam secara arif dan bijaksana. Dilakukan dengan mengambil manfaat sesuai dengan sifat dan kondisi keberadaan sumber daya alam tersebut.
 
"Pengaturan dan larangan yang dilakukan pada dasarnya merupakan bagian dari upaya perlindungan alam dari kerusakan dan kepunahan," tuturnya.
 
Kegiatan aksi bersih dan penanaman pohon dengan vegetasi hutan mangrove sekaligus mengampanyekan kepada masyarakat terkait pentingnya keberadaan hutan mangrove untuk melindungi kehidupan manusia. Acara peringatan di TWA Angke Kapuk dilanjutkan dengan aksi bersih sampah oleh komunitas.
 
Puncak peringatan HKAN 2020 akan tetap dilaksanakan sebagai bagian dari rangkaian peringatan HKAN. Peringatan puncak ini rencananya akan dilaksanakan pada September 2020 di Taman Nasional Kutai, Bontang, Kalimantan Timur.
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif