NEWSTICKER
Kemenhub hapus program mudik gratis 2020. Foto: dok MI.
Kemenhub hapus program mudik gratis 2020. Foto: dok MI.

Kemenhub Imbau Masyarakat Bersilaturahmi Lebaran Melalui Medsos

Nasional Virus Korona
Fachri Audhia Hafiez • 25 Maret 2020 16:40
Jakarta: Guna menekan laju penyebaran virus korona (covid-19), Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengimbau masyarakat tidak melaksanakan mudik Lebaran 2020. Sebagai gantinya, silaturahmi bisa lewat media sosial.
 
"Kita akan melaksanakan silaturahmi dari tempat masing-masing. Kita bisa menggunakan WhatsApp, bisa menggunakan video call dengan keluarga," kata Direktur Jenderal Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi, Rabu, 25 Maret 2020.
 
Budi menjelaskan, dengan tidak melaksanakan mudik di tengah wabah virus korona, masyarakat telah mendukung upaya menekan laju penyebarannya. Sekaligus meminimalisasi potensi penularan ke sanak keluarga di kampung halaman.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita harus bahu membahu antara pemerintah pusat dan daerah termasuk masyarakat untuk bersama-sama kompak untuk mencegah penyebaran virus ini," ujar Budi.
 
Baca:Imbas Korona, Kemenhub Hapus Mudik Gratis
 
Untuk mencegah warga mudik, Kemenhub telah resmi menghapus program mudik gratis pada masa Angkutan Lebaran 2020. Kebijakan ini diambil setelah mempertimbangkan Status Keadaan Tertentu Darurat Bencana Wabah Penyakit akibat Virus Korona di Indonesia yang berlaku selama 91 hari terhitung sejak 29 Februari hingga 29 Mei 2020.
 
Seluruh angkutan mudik tahun ini pun ditiadakan. Tak hanya melalui jalur darat, mudik via kapal penyeberangan juga akan dihapuskan.
 
Kementerian, lembaga, dan swasta juga diimbau tidak menyelenggarakan mudik gratis. Langkah ini guna mencegah masyarakat pulang kampung dan menekan penyebaran virus korona.
 

(WHS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif