Rumah rusak akibat gempa di Cianjur, Jawa Barat. Foto: Dok Kementerian PUPR.
Rumah rusak akibat gempa di Cianjur, Jawa Barat. Foto: Dok Kementerian PUPR.

Presiden: Rehabilitasi Rumah Korban Gempa Cianjur Setelah Evakuasi Selesai

Andhika Prasetyo • 24 November 2022 13:45
Cianjur: Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengungkapkan proses perbaikan infrastruktur yang rusak akibat gempa di Cianjur, Jawa Barat, akan dilakukan setelah proses evakuasi korban dan distribusi logistik selesai. Terutama, rumah-rumah warga.
 
"Yang paling penting setelah nanti evakuasi selesai, distribusi bantuan sudah bisa menjangkau semua lokasi, baru babak berikutnya adalah rehabilitasi untuk rumah-rumah yang roboh berat, sedang, maupun ringan," ujar Jokowi di Cugenang, Cianjur, Jawa Barat, Kamis, 24 November 2022.
 
Ia mengatakan pemerintah akan memberikan Rp50 juta kepada warga yang rumahnya rusak berat. Lalu, Rp25 juta untuk yang mengalami kerusakan sedang, dan Rp10 juta bagi yang rusak ringan.
 

Baca: Presiden Instruksikan Penanganan Terbaik Buat Korban Gempa Cianjur


Pemberian bantuan akan disalurkan melalui berbagai skema. Pertama, pemerintah bisa menyalurkan bantuan melalui Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat serta TNI. Nantinya, dua institusi tersebut yang bergerak membangun kembali hunian-hunian yang rusak.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Kemudian, skema selanjutnya adalah dengan memberikan bantuan langsung kepada para korban. "Kalau memang itu bisa mempercepat, kita lakukan. Kita tidak terpaku pada satu skema," tegas Jokowi.
 
(AGA)




LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif