PT HM Sampoerna Tbk berkolaborasi dengan aktivis lingkungan di Surabaya untuk membangun kesadaran bersama dalam mengatasi masalah sampah puntung rokok. Foto: Dokumen istimewa.
PT HM Sampoerna Tbk berkolaborasi dengan aktivis lingkungan di Surabaya untuk membangun kesadaran bersama dalam mengatasi masalah sampah puntung rokok. Foto: Dokumen istimewa.

Sampoerna dan Aktivis Lingkungan Atasi Masalah Sampah Puntung Rokok

Nasional sampah rokok
23 Mei 2019 00:48
Surabaya: PT HM Sampoerna Tbk bersama masyarakat dan puluhan aktivis lingkungan hidup berkolaborasi untuk membangun kesadaran bersama dalam mengatasi masalah sampah puntung rokok di Surabaya. Upaya ini untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat terhadap masalah sampah.
 
Stakeholder Relation and CSR Facilities Manager Sampoerna Indra Refipal mengakui masalah sampah terus bertambah tiap tahunnya. Dampak dari sampah itu merugikan banyak pihak, termasuk biota laut dan lingkungan lainnya.
 
"Berdasarkan banyak kajian tentang sampah, puntung rokok teridentifikasi sebagai bagian di dalamnya," kata Indra di sela acara Anti-Littering Community Day #SayaAjaBisa #PuntungItuSampah seperti tertuang dalam keterangan tertulis, Surabaya, Rabu, 21 Mei 2019.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Secara global, katanya, penanganan sampah mendapat perhatian dari semua pihak. Semua ini sebagai wujud dan tanggung jawab Sampoerna dalam menjaga kelestarian lingkungan. "Ada sisi edukasi, serta menyiapkan tempat sampah yang bisa mengubah perilaku masyarakat," ucapnya.
 
Indra juga menyebutkan, pihaknya tak bisa kerja sendiri. Semua pihak harus bergandengan tangan agar penanganan persoalan sampah berjalan maksimal.
 
"Ketika semua pihak bisa berjalan bersama, maka penanganan sampah bisa dilakukan dengan konsisten. Termasuk sampah puntung rokok," ungkapnya.
 
Pertemuan dengan komunitas di Surabaya memberikan harapan tentang inisiatif baru yang bisa dilakukan di masyarakat. Termasuk edukasi serta mengubah kebiasaan masyarakat dalam membuang sampah puntung rokok secara sembarangan.
 
"Ada juga gerakan sosial perokok dewasa untuk membuang puntung rokok pada tempatnya," jelas dia.
 
Sampoerna berkomitmen untuk mengurangi dampak negatif sampah yang dihasilkan pascakonsumen, termasuk masalah puntung rokok. Melalui kampanye #SayaAjaBisa dan #PuntungItuSampah, Sampoerna mengedukasi perokok dewasa untuk mendorong mereka membuang puntung rokok di tempat yang tepat.
 
"Anti-Littering Community Day ini menjadi wadah dalam menyampaikan gerakan anti sampah puntung rokok yang coba kami gagas bersama," tutur Indra.
 
Sementara itu, Koordinator Sea Soldier Surabaya Agnesia Wulandow menuturkan untuk membangun kesadaran dalam penanganan sampah, butuh kerja keras berbagai pihak. Sebab, penanganan sampah tak hanya mengandalkan dari pemerintah.
 
"Harus ada gerakan yang memulai serta mengedukasi di masyarakat. Sehingga sejak dini mereka sudah bisa memahami bahaya sampah," pungkas Agnesia.
 

(HUS)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif