Ilustrasi. Medcom.id
Ilustrasi. Medcom.id

Vaksin Mengamankan Penanganan Covid-19 Jangka Panjang

Nasional Virus Korona vaksin covid-19
Theofilus Ifan Sucipto • 05 Januari 2021 08:43
Jakarta: Vaksin covid-19 bakal diprioritaskan bagi tenaga kesehatan. Mereka merupakan kelompok yang paling rentan terpapar dan memengaruhi penanganan covid-19 dalam jangka panjang.
 
"Hilangnya tenaga kesehatan sangat berbahaya karena dapat mengakibatkan sistem kesehatan dalam negeri terancam collapse (lumpuh),” kata juru bicara vaksin covid-19, Reisa Broto Asmoro, dalam keterangan tertulis, Selasa, 5 Januari 2021.
 
Reisa mengatakan ada sekitar 507 tenaga kesehatan yang gugur selama sepuluh bulan pandemi covid-19. Sedangkan, seorang tenaga kesehatan berkompeten dalam menempuh pendidikan butuh waktu empat sampai tujuh tahun.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


“Sementara 100 ribu pasien covid-19 sedang menunggu untuk mendapatkan pelayanan kesehatan," papar dia. 
 
Baca: DKI Jakarta Terima 120.050 Vaksin Covid-19 Tahap Pertama
 
Reisa mengatakan pemerintah telah mendatangkan tiga juta dosis vaksin covid-19 Sinovac. Vaksin tersebut bakal disuntikkan pada 1,3 juta tenaga kesehatan di Indonesia.
 
Reisa meminta tenaga kesehatan tetap menjaga kesehatan meskipun ada vaksin. Hal itu penting guna menjaga keselamatan diri dan orang lain.
 
Reisa juga memastikan vaksin covid-19 aman. Para pakar kesehatan berpengalaman telah mendampingi proses pengkajian vaksin saat uji klinis fase 1, 2, dan 3.
 
"Dan yang saat ini sedang kita tunggu ialah efikasi, yaitu persentase penurunan kejadian penyakit pada kelompok orang yang divaksinasi," terang dia.
 
(AZF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif