Menteri Agama Fachrul Razi. Medcom.id
Menteri Agama Fachrul Razi. Medcom.id

Kemenag Susun Aturan Penyelenggaraan Ibadah Natal

Nasional Virus Korona hari raya natal libur panjang protokol kesehatan
Cindy • 26 November 2020 09:10
Jakarta: Menteri Agama Fachrul Razi mengingatkan rumah ibadah menerapkan protokol kesehatan saat ibadah Hari Raya Natal pada 24-25 Desember 2020. Kemenag akan mengeluarkan aturan terkait penyelenggaraan ibadah Natal dalam masa pandemi covid-19 (korona).
 
"Sudah kami rapatkan untuk dirumuskan bersama Direktorat Jenderal Bimbingan Masyarakat Bimbingan Masyarakat (Ditjen Bimas) Kristen dan Bimas Katolik," kata Fachrul di Kantor Staf Presiden, Rabu, 25 November 2020.
 
Dia menuturkan aturan tak berbeda jauh dengan perayaan Idulfitri dan Iduladha. Sebab, kondisinya tak jauh berbeda.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pada dasarnya, mirip saja dengan yang lalu. Kalau di rumah ibadah betul-betul kami garis bawahi, jangan berkerumun, jaga jarak, cek kesehatan, dan lainnya. Itu semua sama saja," ujar Fachrul.
 
Fachrul menuturkan hari raya agama juga berkaitan erat dengan aktivitas mudik. Kemenag juga akan mengeluarkan aturan terkait mudik Natal tahun ini.
 
(Baca: Kegiatan Keagamaan Harus Terapkan Protokol Kesehatan)
 
"Masalah mudiknya juga akan kami cantumkan di situ bersamaan dengan kami keluarkan produk (hukum) itu," ucap Fachrul.
 
Pemerintah bakal memangkas libur akhir tahun 2020. Sebelumnya, berdasarkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tiga menteri, libur akhir tahun berlangsung pada 24-31 Desember 2020.
 
"Libur akhir tahun, cuti bersama akhir tahun termasuk libur pengganti cuti bersama hari Raya Idulfitri, Bapak Presiden (Joko Widodo) memberikan arahan supaya ada pengurangan," kata Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) Muhadjir Effendy di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin, 23 November 2020.
 
Jokowi memerintahkan Muhadjir segera berkoordinasi dengan kementerian lain membahas pengurangan hari libur tersebut. Pengurangan hari libur merupakan upaya mencegah penularan covid-19.
 
(REN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif