Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Kemenkes: Kusta Tidak Mewabah

Nasional penyakit kusta
Siti Yona Hukmana • 30 Januari 2020 08:04
Jakarta: Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Anung Sigihantono mengatakan tidak ada istilah wabah untuk penyakit kusta. Penyakit kusta termasuk dalam kategori penyakit tropis terabaikan.
 
"Jadi, kalau sekarang ada kasus lagi bukan persoalan baru tapi lebih kepada persoalan lama yang baru ditemukan lagi," kata Anung kepada Medcom.id, Kamis, 30 Januari 2020.
 
Menurut dia, penularan penyakit kusta ini tidak cepat. Hal ini berbeda dengan virus korona yang menggemparkan seluruh dunia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kusta itu menularnya lama dan perlu kontak erat," ujar Anung.
 
Untuk penanganan kusta, pasien harus menjalankan pemeriksaan ulang dalam kurun waktu tertentu. Ia berharap masyarakat selalu mengutamakan prinsip hidup bersih.
 
"Penanganan bisa juga dengan perbaikan higienis santitasi perseorangan, serta perbaikan lingkungan tempat tinggal," pungkas Anung.
 
Penyakit kusta muncul setiap tahun. Di Bandung, Jawa Barat (Jabar), sudah ada tiga pasien per 2019 dan Depok, Jabar, ada 56 pasien.
 
"Dalam satu tahun itu selalu ada, tapi tidak banyak," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinas Kesehatan Kota Bandung Rosye Arosdiani, Selasa, 28 Januari 2020.
 
Rosye pun mengaku akan lebih menggiatkan petugas kesehatan di setiap puskesmas untuk mengajak warga memeriksakan kulit. Pasalnya warga masih minim informasi mengenai penyakit kusta yang dianggap penyakit kulit biasa.
 

 
(OGI)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif