Kebakaran di permukiman di sekitar Stasiun Manggarai. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.
Kebakaran di permukiman di sekitar Stasiun Manggarai. Foto: Medcom.id/Theofilus Ifan Sucipto.

Bantuan Mengalir kepada Korban Kebakaran di Manggarai

Nasional kebakaran
Theofilus Ifan Sucipto • 10 Juli 2019 16:23
Jakarta: Camat Tebet, Jakarta Selatan, Dyan Airlangga, memastikan bantuan segera diberikan kepada korban kebakaran di sekitar Stasiun Manggarai, Jalan Lebak Swadaya I, RT 12/RW 07, Kampung Bali Matraman. Warga yang terdampak akan ditempatkan di lokasi sementara.
 
"Kami turut prihatin. Kami telah mempersiapkan beberapa titik lokasi pengungsian," kata Dyan di salah satu lokasi pengungsian, SDN Manggarai 05, Tebet, Jakarta Selatan, Rabu 10 Juli 2019.
 
Selain SDN Manggarai 05, ungkap Dyan, warga diungsikan ke Masjid Nurul Huda, Manggarai, dan Puskesmas Kelurahan Manggarai. Situasi tanggap darurat ini direncanakan berlangsung hingga Minggu, 14 Juli 2019, sore.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Kita juga akan coba cari (tempat evakuasi) di lokasi-lokasi terdekat," imbuh Dyan.
 
Dia mengungkapkan para pengungsi biasanya pindah ke rumah keluarga terdekat setelah tiga sampai empat hari mengungsi. Pengungsi, kata Dyan, akan menunggu di sana hingga rumahnya dibangun kembali.
 
Dinas Sosial DKI Jakarta turut menyediakan bantuan logistik. Mereka menyiapkan 1.000 makanan siap saji untuk hari ini. "Pemerintah setempat juga akan membangun dapur umum yang berlokasi di Kelurahan Manggarai," pungkas Dyan.
 
Baca: Ratusan Rumah Terbakar di Manggarai
 
Kebakaran melanda permukiman warga di Jalan Lebak Swadaya I, RT 12/RW 07, Kampung Bali Matraman, Tebet. Sebanyak 140 personel dikerahkan memadamkan api. Petugas sempat kesulitan memadamkan api karena sumber air jauh dari lokasi.
 
"Selain itu daerah ini permukiman padat dan mudah terbakar. Akses jalan ini juga sempit," kata perwira piket Suku Dinas Penanggulangan dan Penyelamatan Kebakaran Jakarta Selatan Paryo di lokasi kebakaran.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif