Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin/Medcom.id/Theo
Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin/Medcom.id/Theo

Kemenkes Tambah 7 Ribu Ranjang Isoman

Nasional Virus Korona kemenkes covid-19 rumah sakit rujukan covid-19 Isolasi Mandiri pandemi covid-19 Satu Tahun Covid-19 Isoman
Theofilus Ifan Sucipto • 25 Juni 2021 13:05
Jakarta: Kementerian Kesehatan (Kemenkes) menambah tujuh ribu tempat tidur isolasi mandiri (isoman) untuk pasien covid-19 berkategori orang tanpa gejala (OTG). Tempat tidur tambahan itu tersebar di Rumah Susun (Rusun) Pasar Rumput, Jakarta Selatan dan Rusun Nagrek, Jakarta Utara.
 
“Di Nagrek kapasitasnya empat ribu dan di Pasar Rumput kapasitasnya tiga ribu,” kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam telekonferensi di Jakarta, Jumat, 25 Juni 2021.
 
Budi mengatakan kapasitas Rusun Nagrek yang dibuka sebanyak dua ribu untuk tahap awal. Sehingga, ada tempat isolasi cadangan sebanyak dua ribu.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Budi mengungkapkan pasien OTG di Wisma Atlet rencananya segera dipindahkan ke Rusun Pasar Rumput dan Nagrek. Sehingga, Wisma Atlet difokuskan menangani pasien bergejala sedang.
 
Baca: Anggaran Penyelenggaraan Haji Diusulkan untuk Penanganan Covid-19
 
“Kalau kondisinya berat kita arahkan ke rumah sakit. Kita pastikan disiplin pengisian ini bisa dijaga,” tutur dia.
 
Kemenkes, kata Budi, melakukan upaya lain mengendalikan lonjakan kasus covid-19. Salah satunya, mengonversikan tiga rumah sakit milik pemerintah yaitu Rumah Sakit Umum Pusat (RSUP) Fatmawati, Jakarta Selatan; RSUP Persahabatan, Jakarta Timur; dan Rumah Sakit Penyakit Infeksi Sulianti Saroso, Jakarta Utara, fokus menangani pasien covid-19.
 
“Sehingga ada ratusan tempat tidur lengkap, dokter berpengalaman, dan perawat berpengalaman untuk melayani pasien yang sakit di DKI Jakarta,” ujar dia.
 
Ikhtiar lainnya, mengubah semua kamar instalasi gawat darurat (IGD) menjadi kamar isolasi. Supaya, semakin banyak pasien yang bisa dirawat.
 
Sementara itu, layanan IGD dialihkan di tenda yang didirikan luar rumah sakit. Pendirian tenda merupakan hasil kerja sama Kemenkes dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).
 
(ADN)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif