Ilustrasi Gempa. Medcom.id
Ilustrasi Gempa. Medcom.id

Gempa 7,1 SR Guncang Filipina dan Sulut

Nasional gempa bumi
Arga sumantri • 29 Desember 2018 12:35
Jakarta: Gempa 7,1 Skala Richter (SR) mengguncang bagian tenggara Filipina dan Talaud, Sulawesi Utara (Sulut). Gempa dipastikan tidak menimbulkan tsunami di perairan Indonesia.
 
Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menjelaskan, gempa terjadi pukul 10.39 WIB. Titik koordinat gempa ada di 5,85 Lintang Utara (LU) dan 126,81 Bujur Timur (BT).
 
"Tepatnya di laut pada jarak 201 kilometer arah timur laut Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, pada kedalaman 69 kilometer," kata Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Rahmat Triyono melalui keterangan tertulis, Sabtu, 29 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Rahmat mengatakan, gempa dipicu aktivitas subduksi lempeng laut Filipina yang menunjam ke bawah Pulau Mindanao, Filipina. Gempa dirasakan di Provinsi Davao Oriental dan Davao Ocidental, Filipina, dalam skala intensitas V MMI.
 
Gempa ini dirasakan di Provinsi Davao Oriental dan Davao Ocidental, Filipina. Menurut laporan, kata Rahmat, gempa juga terasa hingga ke wilayah Indonesia, antara lain di Melonguane (Kepualauan Talaud), Tahuna (Kepualuan Sangihe), Siau, Sitaro, Tobelo, dan Morotai. Gempa juga dilaporkan terasa di Manado, Ternate, dan Jailolo.
 
"Kepada masyarakat Kepulauan Sangihe dan Talaud diimbau agar tetap tenang dan tidak terpancing isu yang tidak bertanggungjawab, karena gempa ini tidak berpotensi tsunami di wilayah Indonesia," ucap Rahmat.
 

(AGA)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif