Menhub Serahkan Investigasi Insiden ke KNKT
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi. Foto: Medcom.id/Fachri Audhia Hafiez.
Jakarta: Kementerian Perhubungan (Kemenhub) masih menunggu hasil penyelidikan Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) untuk menyimpulkan penyebab jatuhnya pesawat Lion Air PK-LQP. Dua indikasi penyebab jatuhnya pesawat akan diungkap.

"Ada human error, tapi juga ada technical error yang berkaitan dengan pesawat. Masih kita selidiki," kata Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi usai menemui keluarga korban di Hotel Ibis, Cawang, Jakarta Timur, Senin, 5 November 2018.

Menurut dia, pihaknya belum bisa menyimpulkan penyebab insiden di perairan Tanjung Karawang, Jawa Barat itu. Kejelasan baru didapat setelah kotak hitam pesawat Lion Air PK-LQP selesai diinvestigasi.


Baca: Korban Lion Teridentifikasi Pasti Dapat Santunan

"Karenanya upaya yang dilakukan terhadap pesawat yang bersangkutan itu akan dilakukan semacam satu audit berkaitan dengan data-data di FDR (flight data recorder) dan sebagainya. Di situ akan tercatat berkaitan dengan apa yang terjadi, pada pesawat itu, dan apa yang direkam," beber Budi Karya.

Hingga kini, Kemenhub belum memastikan hukuman apa yang akan diterima Lion Air usai peristiwa Senin, 29 Oktober 2018 lalu. Budi Karya memastikan sanksi tidak mengarah pada rute penerbangan melainkan secara personal dan manajemen dari maskapai pesawat berlogo singa merah itu.





(OGI)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id