Presiden Joko Widodo dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam penyerahan izin tangkap ikan - Medcom.id/Damar Iradat.
Presiden Joko Widodo dan Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dalam penyerahan izin tangkap ikan - Medcom.id/Damar Iradat.

Menteri Susi Sering Ditegur Presiden

Nasional perikanan kelautan dan perikanan
Damar Iradat • 30 Januari 2019 19:01
Jakarta: Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti menceritakan Presiden Joko Widodo kerap menegurnya. Ini lantaran hasil ikan Indonesia masih stagnan dalam beberapa tahun terakhir.
 
Padahal, pemerintah sejak awal sudah menerapkan kebijakan larangan untuk kapal-kapal asing menangkap ikan di perairan Indonesia. Susi mengatakan, kebijakan menenggelamkan sejumlah kapal asing dalam empat tahun ini telah membuat 7.000 kapal asing pergi dari Indonesia.
 
Seharusnya, kebijakan ini diiringi dengan meningkatnya hasil tangkapan pengusaha tangkap ikan Indonesia.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Pak Presiden sering menegur saya bapak-bapak sekalian. Jadi, kalau saya sekarang memohon laporan dari hasil tangkap yang benar, karena setelah 7.000 kapal asing pergi, kok hasil perikanan Indonesia masih segitu-segitu saja, ke mana?," kata Susi di Istana Negara, Jakarta, Rabu, 30 Januari 2019.
 
Menurut Susi, hasil laporan pengusaha ikan tidak sesuai kenyataan. Dia menyebut, masih banyak pengusaha tangkap ikan yang menurunkan data tangkapan.
 
(Baca juga:1.163 Izin Tangkap Ikan Diserahkan ke Pengusaha)
 
"Nah, rupanya Pak Presiden, ada kapal 150 gros ton, tangkapannya setahun cuma 20 ton. Apa nangkapnya satu malam satu ekor dapatnya?," beber dia.
 
Karena itu, Susi meminta kepada para pengusaha tangkap ikan untuk memberikan data yang akurat dan sebenar-benarnya. Sebab, hal itu bisa menjadi indikasi keberhasilan pemerintah.
 
Ia menyebut, pemerintah sebetulnya hanya meminta data yang jujur. Hal ini agar bisa melihat seberapa besar potensi sumber daya ikan yang ada di laut Indonesia.
 
Dalam kesempatan yang sama, Jokowi mengaku, sempat beberapa kali menegur Susi soal hasil tangkapan ikan yang ternyata belum meningkat secara signifikan. Padahal, pemerintah sudah berhasil mengusir kapal-kapal asing menangkap ikan di perairan Indonesia.
 
"Sehingga saya tanyakan ke Bu Menteri, hasilnya naik ndak? Ada ini angkanya. (Tapi) Kok naiknya sedikit? Apakah kapalnya sekarang sangat berkurang atau, saya tuh pasti kejar, atau izin-izinnya sulit, bertele-tele," ucap Jokowi.
 


 

(REN)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif