Wapres Kalla Tutup MTQ Nasional ke-27 Sumut

Dheri Agriesta 13 Oktober 2018 03:29 WIB
pendidikanjusuf kalla
Wapres Kalla Tutup MTQ Nasional ke-27 Sumut
Wapres Jusuf Kalla menyerahkan piala kepada juara umum MTQ Nasional XXVII yang diterima Sekda DKI Jakarta Saefullah - Medcom.id/Dheri Agriesta.
Medan: Wakil Presiden Jusuf Kalla menutup rangkaian penyelenggaraan Musabaqah Tilawatil Qur'an (MTQ) Nasional ke-27 di Sumatera Utara. Kalla mengucapkan selamat kepada para pemenang.

Wakil Presiden tiba sekitar pukul 20.00 WIB di lolasi penyelenggaraan MTQ XXVII 2018, Medan, Sumatera Utara. Kalla mengenakan pakaian adat Sumatera Utara.

Baju dan celana berwarna kuning yang dikenakan Wapres dihiasi kain berwarna hijau bermotif emas yang melilit di pinggang. Kalla juga mengenakan penutup kepala khas melayu.


Kalla didampingi Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Gubernur Sumatera Utara Eddy Rahmayadi. Lukman dan Eddy mengenakan pakaian yang sama dengan Kalla.

"Tepuk tangan dan selamat kepada seluruh pemenang. Saya jadi ingat pelaksanaan MTQ Nasional pertama 51 tahun lalu di Makassar," kata Kalla saat memberikan sambutan, Jumat, 12 Oktober 2018.

Kalla menilai MTQ Nasional XVII jauh berbeda dibanding yang pertama. Kini, ada banyak cabang yang dipertandingkan dalam MTQ Nasional. 

Padahal, saat pertama kali diselenggarakan 51 tahun lalu, MTQ Nasional hanya memiliki enam juara. Enam juara itu merupakan tiga pembaca terbaik putra dan tiga pembaca terbaik putri.

"Tadi bapak ketua juri membacakan pemenang hampir  satu jam. Dulu hanya enam pemenang," kata Kalla. 

Kalla mengapresiasi seluruh pihak yang menyukseskan acara ini. Pria asal Makassar ini pun menutup rangkaian MTQ Nasional XXVII dengan sebuah pantun. 

"Karena ini daerah Melayu, selalu tadi dibacakan pantun, saya mau menutup dengan pantun yang baru saya buat tadi," kata Kalla disambut riuh undangan. 

"Bunga mawar harum baunya, tumbuh di taman indah warnanya, membaca Alquran dengan syahdu Allah akan beri pahala, dan juga menenangkab kalbu," tutup Kalla. 

Dewan hakim MTQ Nasional XXVII 2018 memutuskan DKI Jakarta sebagai juara umum. Sedangkan peringkat kedua hingga sepuluh ditempati Provinsi Banten, Sumatera Utara, Kepulauan Riau, Jawa Timur, Riau dan Jawa Barat, Aceh, DI Yogyakarta, Nusa Tenggara Barat, dan Kalimantan Selatan. 

Sedangkan peringkat pertama pembaca terbaik diraih Heri Kuswanto dari DKI Jakarta, peringkat kedua diraih Qadarasmadi Rasyid dari Banten, dan peringkat ketiga Salman Amrillah dari Jawa Barat. 

Pada akhir acara, Gubernur Sumatera Utara Eddy Rahmayadi menyerahkan bendera MTQ kepada Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin. Lukman pun menyerahkan bendera itu kepada Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno yang menjadi tuan rumah MTQ Nasional XXVIII pada 2020.



(JMS)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id