Pekerja pabrik tertahan di pos penyekatan tol Jakarta -Cikampek. (foto: ist)
Pekerja pabrik tertahan di pos penyekatan tol Jakarta -Cikampek. (foto: ist)

Viral Karyawan Pabrik Tertahan di Pos Penyekatan, Ini Kata Polisi

Nasional pabrik Mudik Lebaran lalu lintas Jalan Tol pandemi covid-19
Adri Prima • 07 Mei 2021 05:03
Jakarta: Sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan sejumlah karyawan pabrik di Cikarang dan Karawang melakukan protes adanya penyekatan mudik di tol Jakarta-Cikampek. 
 
Akibat penyekatan tersebut, para pekerja itu tidak bisa berangkat menuju tempat mereka bekerja. 
 
Kepala Korps Lalu Lintas (Kakorlantas) Polri Irjen Pol Istiono akhirnya buka suara mengenai video yang viral tersebut. Kakorlantas mengatakan aksi itu hanya kesalahan komunikasi saja.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Dijelaskan Istiono, adanya sistem buka tutup di jalur titik penyekatan membuat para pekerja pabrik di daerah Cikarang mengeluh. 
 
Namun, aksi video viral langsung ditangani dengan sigap oleh anggota dilapangan. Menurut Istiono, masalah tersebut hanya bagian dari dinamika operasi penyekatan mudik.
 
“Video viral tadi adalah bagian dinamika dari pada operasi ini. Nah, upaya-upaya yang dilakukan jajaran khususnya di polda metro melakukan rekayasa buka tutup satu titik ini adalah langkah upaya untuk mempelancar arus lalin dan tentunya ada mobilitas masyarakat atau karyawan yang berjalan sekitar sini harus kita akomodir,” ucap Istiono dikutip dari situs resmi Korlantas Polri, Jumat 7 Mei 2021.
 
Istiono mengatakan kejadian itu hanya berlangsung sebentar karena anggota yang berada di titik penyekatan langsung mengurai arus lalu lintas untuk mengakomodir para pekerja. 
 
“Jadi kejadian pagi tadi sempat viral namun langsung kita respon apa yang jadi keinginan masyarakat. Mudah-mudahan ke depan masyarakat juga jadi lebih dewasa apa yang jadi kendala sampaikan saja kepada kita tentunya semua akan kita akomodir dan kita lakukan secara baik,” pungkasnya. 
 
Sementara itu, Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo menjelaskan aksi viral video tersebut karena para pekerja dari Cikampek menuju Cikarang terhalang jalur buka tutup. Jalur tersebut dilakukan buka tutup bertujuan mengurai kepadatan akibat adanya penyekatan keluar Jakarta.
 
“Mereka tidak bisa melintas karena ada penutupan jalur sehingga kemudian berhenti dan turun dari bisnya. Kemudian memvideokan dan viral. Tetapi kejadian itu tidak lama, karena anggota yang bertugas langsung melihat ini langaung nyebrang pindah ke (lokasi video viral) dan bernegoidasi apansih, mereka pengen lewat kita buka dan langsung keluar. Jadi tidak sampe 5 menit arus lalu lintas lancar kembali,” beber Sambodo.
 
(ACF)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif