Kabag Penum Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan
Kabag Penum Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan

Polri Siapkan Pengamanan Saat Libur Panjang

Nasional Virus Korona libur panjang pandemi covid-19
Siti Yona Hukmana • 20 Oktober 2020 16:05
Jakarta: Korlantas Polri menyiapkan pengamanan libur panjang Maulid Nabi Muhammad SAW pada Rabu, 28 Oktober hingga Minggu, 1 November 2020. Pengamanan dilakukan untuk keamanan, keselamatan, ketertiban, kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcarlantas), dan memutus mata rantai penyebaran covid-19.
 
"Pengamanan libur panjang ini melibatkan personel gabungan antara Polri-TNI dan unsur terkait sebanyak 160.916 personel, dengan perincian Polri sebanyak 94.170 personel, TNI sebanyak 24.448 personel, dan unsur terkait 42.298 personel," kata Kabag Penum Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta Selatan, Selasa, 20 Oktober 2020.
 
Polri telah melaksanakan rapat lintas instansi dengan lembaga dan departemen terkait dalam rangka antisipasi pemudik yang memanfaatkan hari libur panjang untuk berekreasi, berbelanja, dan lainnya. Polri memperkirakan mudik terjadi selama sepekan dari Selasa, 27 Oktober sampai Senin, 2 November 2020.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Puncak arus arus mudik diprediksi terjadi sejak Selasa, 27 Oktober 2020 pukul 12.00 WIB sampai Rabu, 28 Oktober pukul 24.00 WIB. "Sedangkan puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Sabtu, 31 Oktober 2020 pukul 24.00 WIB sampai Senin, 2 November 2020 pukul 08.00 WIB," kata Ahmad.
 
Baca: Jelang Libur Panjang, Kemendagri Kumpulkan Seluruh Kepala Daerah
 
Korlantas Polri telah mengecek kondisi jalan yang akan dilalui pemudik. Termasuk, menyiapkan langkah antisipasi demi kelancaran serta kenyamanan para pemudik.
 
Antisipasi itu antara lain, penerapan contraflow di jalan tol Jakarta-Cikampek dan pembatasan truk sumbu tiga ke atas untuk tidak melalui jalan tol. Kemudian, pengaturan di rest area dengan cara buka tutup, pengaturan di gerbang tol dengan memperbayak petugas card reader, pengaturan di penyeberangan Kapal Angkutan, Sungai, Danau, dan Penyeberangan (ASDP).
 
Korlantas Polri juga akan membuat pos keamanan dan pos terpadu untuk memantau pergerakan pemudik. Totalnya ada 645 pos disiapkan.
 
"Dengan fokus pengamanan di jalur tol, rest area, jalur arteri, lokasi wisata, dan jalur alternatif maupun tempat penyeberangan ASDP," kata Ahmad.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif