Ilustrasi Medcom.id.
Ilustrasi Medcom.id.

Pemakaian Masker Dilonggarkan, Pasien Covid-19 Tetap Disiplin Prokes

Theofilus Ifan Sucipto • 17 Mei 2022 23:04
Jakarta: Pemerintah melonggarkan kebijakan memakai masker. Pasien covid-19 tetap harus disiplin protokol kesehatan (prokes).
 
"Tetap harus isolasi di rumah selama minimal lima hari atau sampai hasil tes PCR negatif," kata Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dalam telekonferensi di Jakarta, Selasa, 17 Mei 2022.
 
Budi yakin masyarakat sudah memahami potensi penularan covid-19. Sehingga, pasien covid-19 diharapkan berinisiatif tidak bermobilisasi sampai sembuh.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Inilah pentingnya kesadaran masyarakat di masa transisi. Kalau sakit, harus istirahat karena tahu bisa menularkan sehingga tetap di rumah," kata dia.
 
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemerintah telah melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Presiden menjelaskan hal itu diputuskan dengan memperhatikan kondisi penanganan pandemi covid-19 yang makin terkendali di Indonesia.
 
"Pemerintah memutuskan untuk melonggarkan kebijakan pemakaian masker. Jika masyarakat sedang beraktivitas di luar ruangan atau di area terbuka yang tidak padat orang, maka diperbolehkan untuk tidak menggunakan masker," ujar Jokowi dalam keterangan resmi yang disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden, Selasa, 17 Mei 2022.
 
Baca: Pelonggaran Memakai Masker Berlaku Besok
 
Meski demikian, Presiden meminta masyarakat tetap menggunakan masker saat kegiatan di ruangan tertutup dan transportasi publik. Lalu, masyarakat yang masuk kategori rentan seperti lansia atau memiliki penyakit komorbid, disarankan tetap menggunakan masker saat beraktivitas.
 
(JMS)



LEAVE A COMMENT
LOADING

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif