Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (MI/ARYA MANGGALA)
Menteri PUPR Basuki Hadimuljono (MI/ARYA MANGGALA)

Kementerian PUPR Tambahkan Alat Berat ke Lampung Selatan

Nasional Tsunami di Selat Sunda
Dero Iqbal Mahendra • 25 Desember 2018 17:08
Jakarta: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengirimkan tambahan alat berat untuk wilayah Lampung Selatan. Mobilisasi tambahan alat berupa 3 dozer dan 4 dump truk kecil.
 
Alat-alat berat tersebut didatangkan dari Balai Besar Pelaksanaan Jalan (BBPJN) V Sumsel-Lampung, Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Mesuji-Sekampung, BUMN Karya dan kontraktor setempat.
 
"Kementerian PUPR telah menurunkan personil dan alat berat untuk terus melakukan pembersihan puing-puing bangunan maupun sampah yang menutup jalan maupun di sepanjang kawasan pantai di Provinsi Banten dan Lampung," ujar Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Selasa, 25 Desember 2018.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Baca: Pelajaran dari Tsunami Selat Sunda
 
Sebelumnya di Kabupaten Lampung Selatan, hingga Senin, 24 Desember 2018 jumlah alat berat di lapangan sebanyak 24 unit terdiri dari delapan ekskavator, enam dump truk, lima loader, tiga ekskavator mini dan dua dozer.
 
Tsunami juga mengakibatkan bangunan pengaman pantai atau breakwater yang dibangun Kementerian PUPR di Pantai Kalianda dan Rajabasa mengalami kerusakan. Keberadaan bangunan pengaman pantai tersebut turut meredam daya rusak air yang bersumber dari tsunami.
 
Sementara itu, untuk peralatan air bersih dan sanitasi di Lampung Selatan, telah dikirim satu mobil tangki air kapasitas 4000 liter satu unit, satu mobil vacum tinja, satu mobil toilet kabin 10 WC Portable dan lima bioseptik.
 
Basuki hari ini bersama sejumlah menteri seperti Menteri Kordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Puan Maharani, Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek, Selasa pagi, 25 Desember 2018 berangkat menuju Kabupaten Lampung Selatan.
 
Sejumlah lokasi rencananya akan ditinjau oleh para menteri tersebut seperti Desa Way Muli, Posko Pengungsian Cugung, Posko Pengungsi di Kantor Kabupaten Lamsel dan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bob Bazar di Kalianda.
 

(YDH)
FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi