Anies Belum Janjikan Rumah untuk Korban Tanah Ambles

Nur Azizah 19 November 2018 16:06 WIB
tanah longsor
Anies Belum Janjikan Rumah untuk Korban Tanah Ambles
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan - Medcom.id/Siti Yona Hukmana.
Jakarta: Sebanyak enam rumah di Kampung Lodan, Jakarta Utara rusak akibat tanah ambles. Penyebabnya pengerukan yang dilakukan terlalu pinggir. 

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengungkapkan seluruh korban sudah diungsikan ke tempat tinggal sementara. Pemprov DKI menyiapkan tenda darurat di lapangan sekitar RT 01 RW 08 Pademangan, Jakarta Utara.

Ditanya soal pemberian rumah baru pada warga terdampak Anies belum mau menjanjikan. Dia ingin melihat kondisi rumah terlebih dahulu.


"Nanti kita lihat seberapa besar. Tapi kita ingin warga bisa tinggal dengan baik," kata Anies di Kementerian Ketenagakerjaan, Jakarta Selatan, Senin, 19 November 2018.

(Baca juga: Tanah di Kampung Lodan Tiba-tiba Ambles)

Mantan Menteri Pendidikan dan kebudayaan ini mengaku bakal mengecek status bangunan terlebih dahulu. Ia berjanji akan mencari solusi yang adil.

"Kita harus cek status legalnya dan perencanaan tanah wilayahnya seperti apa. Yang jelas, kita akan cari solusinya yang adil bagi semua," pungkas dia.

Peristiwa tanah ambles ini terjadi pada Minggu, 18 November 2018 sekitar pukul 10.00 WIB. Kejadian ini bukan kali pertama, pada 25 Oktober 2018, longsor juga terjadi di titik yang sama. 

Dinas SDA langsung datang dan memperbaiki. Namun, belum selesai diturap, tanah kembali ambles. 

(Baca juga: Tiga Wilayah Kota Depok Longsor)





(REN)

Dapatkan berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

Powered by Medcom.id