MenpanRB Komisaris Jenderal Purn. Syafruddin--Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.
MenpanRB Komisaris Jenderal Purn. Syafruddin--Medcom.id/Whisnu Mardiansyah.

Penyuluh Pertanian Bakal Diangkat Lewat Jalur P3K

Nasional jokowi pertanian
Dheri Agriesta • 04 Februari 2019 14:31
Bogor: Presiden Joko Widodo menindaklanjuti usulan pengangkatan penyuluh pertanian sebagai pegawai negeri sipil (pns). Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Syafruddin menyebut pengangkatan tenaga penyuluh pertanian sebagai PNS tak memungkinkan.
 
"Jadinya untuk P3K (pegawai pemerintah dengan perjanjian kerja), bukan PNS," kata Syafruddin saat dihubungi pewarta, Senin, 4 Februari 2019.
 
Presiden Jokowi menggelar rapat internal di Istana Kepresidenan Bogor membahas isu ini. Sejumlah menteri hadir dalam rapat itu, termasuk Syafruddin.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Syafruddin menyebut ada beberapa syarat pengangkatan seseorang menjadi pegawai negeri sipil. Ia mengatakan para mayoritas tenaga penyuluh pertanian tak bisa diangkat karena faktor umur.
 
Baca: 17 Ribu Penyuluh Pertanian Tuntut Pengangkatan PNS
 
Sebanyak 17 ribu tenaga harian lepas (THL) penyuluh pertanian mendesak Presiden Joko Widodo agar diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS). Pasalnya sebanyak 15.498 penyuluh pertanian yang berstatus ASN akan memasuki usia pensiun.
 
Ketua THL-Tenaga Bantu Penyuluh Pertanian (TBPP) Gunadi menyebutkan, angka 17 ribu tersebut belum termasuk 6.058 THL berusia di bawah 35 tahun yang sudah diangkat sebagai PNS pada 2017 lalu.
 
Dalam kesempatan itu, Presiden berjanji segera menjawab keinginan THL-TBPP. Namun, terlebih dulu Jokowi akan melihat prosedur dan aturan yang ada.
 
Ia menegaskan, pengangkatan ASN memerlukan payung hukum, baik melalui peraturan presiden (Perpres) atau keputusan presiden (Keppres). Jokowi mengaku akan membicarakan hal itu dengan Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman pekan ini.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif