Ilustrasi--Medcom.id
Ilustrasi--Medcom.id

Gempa Magnitudo 4,2 Guncang Luwu Utara

Nasional gempa
Antara • 03 Maret 2019 10:55
Makassar: Gempa bermagnitudo 4,2 menguncang Kabupaten Luwu Utara, Sulawesi Selatan (Sulsel). Hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menunjukkan informasi awal gempa bumi ini terjadi pada pukul 08.49 WITA dan tidak berpotensi tsunami.
 
Pelaksana tugas Kepala BBMKG Wilayah IV Makassar, Joharman menyatakan, dengan memperhatikan lokasi dan kedalaman hiposenter, gempa ini termasuk dalam klasifikasi gempa bumi dangkal. Hal itu akibat aktivitas patahan Matano yang berdekatan dengan pusat epicenter.
 
Baca: Gempa 4,8 SR Guncang Luwu Timur

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


Berdasarkan laporan masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di Rampi III MMI, Masamba II MMI. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami.
 
"Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya," kata Joharman, Minggu 3 Maret 2019.
 
Joharman juga menyarankan warga memastikan informasi bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi seperti Instagram/Twitter @infoBMKG), website www.bmkg.go.id, atau melalui Mobile Apps (iOS dan Android @infobmkg)
"Masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti informasi BMKG," ujarnya.
 

(YDH)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif