NEWSTICKER
Ilustrasi: Medcom.id
Ilustrasi: Medcom.id

Pemda Diminta Sulap Hotel Jadi Fasilitas Isolasi Korona

Nasional Virus Korona
Zaenal Arifin • 17 Maret 2020 00:05
Jakarta: Pemerintah daerah (pemda) diminta ikut menyiapkan fasilitas isolasi untuk pasien terduga mengidap virus korona (covid-19). Pasalnya, jumlah pasien positif terus bertambah setiap hari.
 
"Mungkin ada hotel yang bisa dimanfaatkan, yang bisa ditata kembali sehingga bisa digunakan untuk tempat beristirahat sementara bagi masyarakat yang saat ini mungkin membutuhkan (isolasi mandiri)," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jalan Pramuka, Utan Kayu Utara, Matraman, Jakarta Timur, Senin, 16 Maret 2020.
 
Menurut Kepala BNPB itu, rumah sakit (RS) yang disiapkan pemerintah tidak akan mampu menampung bila pasien baru terus bermunculan. Saat ini, ada 122 RS pemerintah, 109 RS TNI, 65 RS Polri, dan puluhan RS badan usaha milik negara (BUMN) menjadi RS rujukan covid-19.

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?


"Ini semua akan kita data, tetapi kalau kasus ini semakin banyak, tentunya tidak cukup," ungkap Doni.
 
Selain itu, mantan Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Danjen Kopassus) itu berharap kesadaran masyarakat untuk mengisolasi diri secara mandiri. Mereka harus menjaga jarak jika memiliki riwayat kontak langsung dengan orang yang diduga terpapar korona.
 
"Sehingga dibutuhkan sebuah kesadaran (masyarakat) cukup merawat di rumah, sampai yang perlu dibawa ke rumah sakit," jelas dia.
 
Pemda Diminta Sulap Hotel Jadi Fasilitas Isolasi Korona
Grafis Medcom.id
 
Baca: Jokowi: Saatnya Kerja, Belajar, dan Ibadah di Rumah
 
Sementara itu, total pasien positif korona di Indonesia per Senin, 16 Maret 2020, menjadi 134 orang. Ada penambahan 17 pasien baru dari sebelumnya hanya 117 pada Minggu, 15 Maret 2020.
 
Juru bicara pemerintah untuk penanganan kasus korona Achmad Yurianto menjelaskan 17 pasien baru positif korona tersebar di sejumlah daerah. Pasien baru paling banyak berasal dari DKI Jakarta.
 

(OGI)

FOLLOW US

Ikuti media sosial medcom.id dan dapatkan berbagai keuntungan

Dapatkan berita terbaru dari kami Ikuti langkah ini untuk mendapatkan notifikasi

unblock notif